Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A5A-SD1
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi tentang penerapan teknologi informasi dan komunikasi beserta prinsip-prinsipnya dalam pembelajaran di sekolah dasar berdasarkan instrumental input pembelajaran; ragam, karakteristik, model pengembangan, dan pemanfaatan sumber serta media pembelajaran berbasis penerapan teknologi informasi dan komunikasi terkini. Matakuliah ini juga berisi tentang proses dan produk pengembangan sumber serta media pembelajaran berbasis elektronis/modern dalam pengembangan pembelajaran digital di sekolah dasar sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi beserta prinsip-prinsipnya dalam pembelajaran di sekolah dasar berdasarkan instrumental input pembelajaran
  • Menganalisis ragam, karakteristik, model pengembangan, dan pemanfaatan sumber serta media pembelajaran berbasis penerapan teknologi informasi dan komunikasi terkini
  • Memproduksi sumber dan media pembelajaran berbasis elektronis/modern dalam pengembangan pembelajaran digital di sekolah dasar sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik
Daftar Pustaka:
  • Burden, Paul R. dan David M. Byrd. 2007. Methods for Effective Teaching: Promoting K-12 Student Understanding. Boston: Pearson Education Inc.
  • Gunter, Mary Alice, Thomas H. Estes, dan Susan L. Mintz. 2007. Instruction A Models Approach. Boston: Pearson Education Inc.
  • Ibrahim, dkk 2002. Media Pembelajaran. Malang: FIP Universitas Negeri Malang
  • Madyamadja, E. Didik. 2012. Pemrograman Pembelajaran Berbasis Komputer. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat
  • Setyosari, Punaji, dan Sihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.
  • Siegler, Robert, Judy Deloache, dan Nancy Eisenberg. 2006. How Children Develop. NewYork: Worth Publishers.
  • Smaldino, Sharon E., Lowther, Deborah L., and Russell, James D. 2002. Instructional Technology and Media for Learning 9th Edition. New Jersey: Pearson Education