Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
II-II
Deskripsi:
Mata kuliah Penelitian dan Seminar Pemasaran memberikan wawasan, pemahaman dan pengalaman kepada mahasiswa dalam penelitian di bidang Pemasaran, melalui pembahasan materi yang meliputi: Pengertian konsep karya ilmiah dalam penelitian dan publikasi dalam bidang pemasaran, kode etik penulisan karya ilmiah. Perumusan kajian pustaka yang relevan dengan penelitian yang mencakup: kesimpulan dari kajian hasil penelitian sebelumnya yang relevan dan yag dipublikasikan, kesimpulan dari definisi variabel-variabel penelitian dan indicator-indikator pengukurannya. Kerangka pemikiran keterkaitan antar variable yang diteliti berdasarkan teori dan hasil penelitian sebelumnya. Perumusan latar belakang penelitian, tujuan penelitian (rumusan masalah penelitian), hipotesis penelitian dan manfaat hasil penelitian. Menggunakan metode penelitian sesuai dengan jenis penelitian yang digunakan yang mencakup: rancangan penelitian, populasi dan sampel penelitian, intrumen penelitian, pengumpulan data, teknik amalisis data penelitian. Penyusunan proposal penelitian berdasarkan pedoman yang tertuang dalam PPKI UM, serta mempresentasikan dan mempertanggung-jawabkan proposal penelitian dalam seminar kelas.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mahasiswa memahami konsep penelitian ilmiah dalam mencari solusi permasalahan bidang pemasaran
  • Mahasiswa dapat memgidentifikasi kondisi dan permasalahan riil dalam kegiatan pemasaran dan bisnis.
  • Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan riil bidang keilmuan dan praktik pemasaran dan bisnis
  • Mahasiswa dapat membuat proposal penelitian dan melakukan penelitian terhadap permasalahan yang dihadapi dalam bidang pemasaran dan bisnis sebagai bahan menyusun tugas akhir (skripsi)
Daftar Pustaka:
  • UM. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: UM Press UM. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: UM Press Putra, I Wayan JamanAdi. 2011. Modul Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Ilmiah. Malang: UM Press
  • Buku Referensi lain Artikel terkait dalam jurnal Internasional