Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
IZ-IZ
Deskripsi:
Matakuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan setelah mahasiswa lulus menempuh matakuliah Manajemen Pemasaran. Isu yang dibahas dalam matakuliah ini meliputi pengkajian market driven strategy di dalam Organisasi Pemasaran; bagaimana strategi keunggulan bersaing yang tepat bagi sebuah organisasi pemasaran agar mampu menjaga eksistensi di tengah persaingan yang ketat; pengkajian kepuasan pelanggan dan mutu produk; penganalisisan pasar; strategi segmentasi pasar, penetapan pasar sasaran dan positioning; strategi relationship; perencanaan produk baru; strategi produk dan pelayanan pelanggan, strategi penetapan harga; strategi promosi, strategi distribusi; dan implementasi dan pengendalian strategi pemasaran
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mahasiswa memahami konsep Pemasaran Stratejik yang berorientasi pada pasar dan pesaing
  • 2. Mahasiswa dapat menganalisis kondisi internal environment dan external environment organisasi
  • 3. Mahasiswa dapat menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan sebuah organisasi
  • 4. Mahasiswa dapat merancang strategi pemasaran sesuai kondisi internal environment dan external environment organisasi
  • 5. Mahasiswa dapat membuat konsep pengendalian dan evaluasi strategi pemasaran
Daftar Pustaka:
  • 1. Cravens, David W, 1996, Pemasaran Strategis, Alih Bahasa Lina Salim, Jilid 1, PT Erlangga 2. Cravens, David W, 1996, Pemasaran Strategis, Alih Bahasa Lina Salim, Jilid 2, PT Erlangga
  • 1) Tjiptono, F. G, Chandra. D, Adriana, 2008, Pemasaran Strategik, Penerbit Andi 2) Tjiptono, F, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, Penerbit Andi 3) Dhewi, Titis S, 2014, Strategi Pemasaran untuk Keunggulan Bersaing, Bayumedia Publishing