Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
PR-SD
Deskripsi:
Menguasai cara mengidentifikasi, mendiagnosis dan menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran bahasa Indonesia di SD serta penyiapan tema untuk penulisan skripsi/karya tulis lainnya
Capaian Pembelajaran
  • Mendiagnosis setiap masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar secara logis kritis, dan sistematis
  • Merumuskan solusi dari setiap masalah dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif
  • Menemukan dan mengidentifikasi masalah – masalah dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar secara kritis, komunikatif, dan kolaboratif
Daftar Pustaka:
  • - Andayani. 2015. Problema dan Aksioma dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish
  • - Budyartati, S. 2018. Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish
  • - Iskandarwassid., & Sunendar, D. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya
  • - Gould, Nick., & Baldwin, Mark. 2016. Social Work, Critical Reflection, and Learning Organization. London : Routledge (e-book)
  • - Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group
  • - Harsiati, Titik., Trianto, Agus., & Kosasih, E. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud
  • - Krissandi, Apri D S., Widharyanto, B., & Dewi, Rishe P. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Bekasi: Penerbit Media Maxima