Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Menjelaskan Konsep- konsep dasar evaluasi : pengertian, tujuan, manfaat, prinsip-prinsip dan jenis-jenis penilaian hasil belajar; menurunkan SK, KD menjadi indikator soal yang dapat mengukur objek penilaian proses dan hasil belajar; menerapkan langkah- langkah/prosedur penilaian untuk penyusunan perangkat penilaian; menyusun perangkat penilaian berupa tes; menyusun perangkat penilaian berupa non tes; menentukan dan memberikan interpretasi tentang hasil analisis validitas instrumen penilaian; menghitung dan memberikan interpretasi tingkat kesukaran dan daya beda soal; mengolah skor mentah menjadi nilai berdasarkan PAP dan PAN; menentukan kriteria kelulusan/ keberhasilan proses pembelajaran; menentukan perangkingan prestasi siswa berdasarkan data hasil belajar dan menyusun pelaporan hasil belajar siswa.
Capaian Pembelajaran
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Menjelaskan Konsep- konsep dasar evaluasi : pengertian, tujuan, manfaat, prinsip-prinsip dan jenis-jenis penilaian hasil belajar; menurunkan SK, KD menjadi indikator soal yang dapat mengukur objek penilaian proses dan hasil belajar; menerapkan langkah- langkah/prosedur penilaian untuk penyusunan perangkat penilaian; menyusun perangkat penilaian berupa tes; menyusun perangkat penilaian berupa non tes; menentukan dan memberikan interpretasi tentang hasil analisis validitas instrumen penilaian; menghitung dan memberikan interpretasi tingkat kesukaran dan daya beda soal; mengolah skor mentah menjadi nilai berdasarkan PAP dan PAN; menentukan kriteria kelulusan/ keberhasilan proses pembelajaran; menentukan perangkingan prestasi siswa berdasarkan data hasil belajar dan menyusun pelaporan hasil belajar siswa.
Capaian Pembelajaran
- Memahami pengertian, tujuan, manfaat, prinsip-prinsip dan jenis-jenis penilaian hasil belajar
- Memahami objek/sasaran penilaian hasil belajar dan menerapkannya dalam penyusunan berbagai jenis penilaian.
- Mengaplikasikan langkah-langkah penilaian dalam pembuatan perangkat penilaian pembelajaran berupa tes dan non tes
- Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian serta pemanfatannya dalam pelaporan hasil belajar.
- Anderson, W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing. New York: Adisson Wesley Longman, Inc.
- Grondlund, Norman. 2003. Assesment of Student Achievement 7 Ed. 2003. Boston: Pearson Education, Inc.
- Wright, Robert J. 2008. Educational Assesment. California: Sage Publication, Inc.
- Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kemenag RI.
- Panduan Penilaian Untuk SMA. 2015. Jakarta: Dirjen Dikdasmen
- Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
- Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
- Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan
- Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
- Pengajar: Ridwan Joharmawan