Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
DZ-DZ
Deskripsi:
Capaian pembelajaran matakuliah ini mahasiswa mampu merancang metode penelitian pendidikan yang siap untuk dilanjutkan pada tahap selanjutnya yakni skripsi yang sudah dipresentasikan dalam kelas. Ruang lingkup mata kuliah ini berisi tentang mengidentifikasi elemen utama dalam proposal penelitian, metode penelitian yang sesuai untuk menjawab pertanyaan penelitian : 1) penelitian kuantitatif 2) penelitian kualitatif 3) penelitian tindakan kelas 4) penelitian pengembangan, mengevaluasi kualitas penelitian pendidikan yang dikembangkan dengan memberikan komentar dan umpan balik yang membangun dalam presentasi kelas.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mampu mendeskripsikan konsep dasar dan ruang lingkup metode penelitian pendidikan.
  • 2. Mampu mengembangkan kemampuan untuk memahami pengetahuan dasar mengenai metode penelitian bidang pendidikan administrasi perkantoran dengan pendekatan kuantitatif, kuantitatif, tindakan kelas dan penelitian pengembangan.
  • 3. Mampu memahami proses penelitian ilmiah.
  • 4. Mampu menyusun rancangan metode penelitian dengan metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, Tindakan kelas dan penelitian pengembangan.
Daftar Pustaka:
  • Sekaran,U & Boegie,R (2010), Research Methods for Business, A skill Building Approach,John Wiley.
  • Ghozali,I. (2011) Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS, Edisi 5.Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  • Whitehead & McNiff. (2006). Action Research: Living Theory. SAGE