Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
P4-ABCD
Deskripsi:
Mata kuliah ini berisi tentang, (1) konsep Dasar e-learning, (2) sejarah perkembangan e-learning dan model penerapan e-learning di berbagai negara, (3) Karakteristik e-learning : kelebihan dan manfaat e-learning, (4) Prosedur pengembangan e-learning, (5) e-learning tools, (6) Perencanaan program: struktur e-learning dan stroryboard, (7) Mengenal beberapa model Learning Management System, (8) LMS Moodle, (9) Fasilitas LMS Moodle, (10) Membangun media online pembelajaran fisika berbasis LMS Moodle
Capaian Pembelajaran
  • Memiliki pemahaman tentang konsep dasar e-learning sebagai bagian dari inovasi pembelajaran dalam sebagai alternatif sistem pembelajaran di era teknologi informasi
  • Memahami tentang level e-learning dan fungsi elearnig dalam pembelajaran
  • Memahami tentang prosedur pengembangan e-learning
  • Memahami kelengkapan fasilitas e-learning
  • Membuat perencanaan pengembangan e-learning
  • Membangun e-learning sebagai media online pembelajaran fisika
Daftar Pustaka:
  • Sclater. Niall. 2010. Cloud Computing in Education. Unesco Institute for Information Technologies in Education. Moscow. Russian Federation.
  • Fini, A. (2009). The technological dimension of a massive open online course: the case of the CCK08 course tools. International Review of Research in Open and Distance Learning, 10(5). (Online) http://www.irrodl.org/index.php/irrodl/article/view/643/1402.
  • Jordan, K. (2014). MOOC completion rates: the data. Katy Jordan, researching education and technology, (Online) http://www.katyjordan.com/MOOCproject.html
  • Direktorat Ketenagaan Direkorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Modul Pendamping Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web
  • Siemens, George (2002). Instructional Design in Elearning. [Online]. URL:http://www.elearnspace.org/Articles/InstructionalDesign.html