Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
D-2-D-2
Deskripsi:
Teknis mengidentifikasi masalah penelitian, pemilihan rancangan penelitian, kajian literatur, pemanfaatan teori, penyusunan strategi dan pertimbangan etis, pernyataan tujuan, pertanyaan penelitian dan hipotesis, prosedur metode kuantitatif dan kualitatif, prosedur metode campuran, penelitian tindakan, penelitian pengembangan, identifikasi/eksplorasi masalah-masalah penelitian pendidikan, kajian hasil-hasil penelitian pendidikan, pengembangan masalah-masalah penelitian, pengembangan protokol/instrumen, penulisan rancangan usulan penelitian.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Memahami teori, metodologi, dan etika penelitian pendidikan (matematika).
  • 2. Mampu melakukan kajian terhadap artikel jurnal terkini tentang hasil-hasil penelitian pendidikan matematika.
  • 3. Mampu menyusun perencanaan penelitian pendidikan (matematika) dalam bentuk rancangan proposal penelitian tesis.
Daftar Pustaka:
  • Creswell, J. W. 2009. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches
  • Creswell, J. W. 2009. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research
  • Jack R. Fraenkel. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education.
  • Subanji. 2011. Teori Berpikir Pseudo Penalaran Kovariasional dalam Mengonstruksi Grafik Fungsi Kejadian Dinamik. Malang: UM Press
  • Subanji. 2015. Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Malang: UM Press
  • Subanji. 2016. Teori Defragmentasi Struktur Berpikir dalam Mengonstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Malang: UM Press.
  • Jurnal hasil penelitian.