Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C23-C23
Deskripsi:
Matakuliah membahas konsep dasar, perkembangan historis, evolusi teori kepemimpinan, dan model/tipe/gaya kepemimpinan. Studi dan analisis aspek-aspek teoretik, budaya organisasi, perilaku organisasi/kepemimpinan, dan pengembangan model atau teknik kepemimpinan efektif dalam penyelenggaraan pendidikan.
Capaian Pembelajaran
  • Bertaqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa, menunjukkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  • Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan bidang kajian teori dan model kepemimpianan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional, dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, serta menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora pada bidang kajian teori dan model kepemimpianan pendidikan
  • Terampil dalam mengkaji melalui kegiatan riset dan/atau pengembangan pada bidang kajian teori dan model kepemimpianan pendidikan berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk artikel ilmiah, dan mempublikasikannya pada jurnal nasional terakreditasi SINTA 3 dan/atau jurnal bereputasi internasional
Daftar Pustaka:
  • Burhanuddin, Supriyanto, A. (2018). Leadership Orientation as Mediator of Organizational Culture Effects on School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 269, 230-236
  • Burhanuddin, B. 2019. The scale of school organizational culture in Indonesia. International Journal of Educational Management, Vol. 33 No. 7: 1582-1595.
  • Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Benty, D. D. N. 2017. Analysis of Elementary School Headmaster Candidate’s Competence in Jombang East Java. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 66.
  • Maisyaroh, Imron, A., Burhanuddin, Juharyanto, Satria, Puspitaningtyas, I. 2019. Implementation of Situational Leadership in Educational Organizations. Proceedings of the 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019). https://doi.org/10.2991/coema-19.2019.17