Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
1)Menjelaskan kaidah-kaidah pengembangan instrument penilaian : pengertian, tujuan, manfaat, prinsip-prinsip dan jenis-jenis penilaian hasil belajar; 2) Memahami prinsip umum pengembangan penilaian berpikir tingkat tinggi (HOTS), 3) Menyusun instrumen penilaian kognitif berpikir tingkat tinggi (HOTS): Transfer: menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, 4) Menyusun instrumen penilaian kognitif berpikir tingkat tinggi (HOTS): logika dan penalaran, 5) Menyusun instrumen penilaian kognitif berpikir tingkat tinggi (HOTS): problem solving (pemecahan masalah), 6) Menyusun instrumen penilaian kognitif berpikir tingkat tinggi (HOTS): Assessing Judment, 7) Menyusun instrumen penilaian kognitif berpikir tingkat tinggi (HOTS): kreativitas dan berpikir kreatif, 8) Menyusun instrumen penilaian two-tier, 9) Menyusun instrumen penilaian afektif, 10) Menyusun instrumen penilaian psikomotor, 11) Menganalisis instrumen penilaian pembelajaran kimia berdasarkan model pembelajaran yang relevan.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami kaidah-kaidah pengembangan instrumen penilaian proses dan hasil belajar kimia
  • Menyusun instrumen penilaian kognitif berpikir tingkat tinggi, afektif, dan psikomotor dalam pembelajaran kimia
  • Menganalisis instrumen penilaian pembalajaran kimia
Daftar Pustaka:
  • Evaluasi Pendidikan. 2009. Arifin, Zainal. Jakarta: Kemenag RI
  • Educational Assesment. 2008. Wright, Robert J. California: Sage Publication, Inc.
  • Assesment of Student Achievement 7 Ed. 2003. Grondlund, Norman E. Boston: Pearson Education, Inc.
  • A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing. 2001. Anderson, W. & Krathwohl, David R. New York: Adisson Wesley Longman, Inc.
  • How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. 2010. Susan M. Brookhart. Alexandria-Virginia USA: ASCD
  • Evaluating the Affective Dimension in Chemistry Education. 2015. Sri Rahayu.
  • Chandrasegaran, A. L., Treagus, D. F. Mucerino, M, 2007, The Development of a Two-tier Multiple-Choice Diagnostic Instrument for Evaluating Secondary School Students’ Ability to Describe and Explain Chemical Reactions Using Multiple Level of Representation, The Royal Society of Chemistry, Chemistry Education Research and Practice, Vol. 8, No. 3, 293-307