Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A22
Deskripsi:
Matakuliah Pembelajaran Bulutangkis sebagai matakuliah yang akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan teoritis dan praktis tentang Pembelajaran bulutangkis, Peraturan Permainan dan Perwasitan; dan Manajemen Pertandingan bulutangkis
Capaian Pembelajaran
  • Mampu meningkatkan kemampuan fisik
  • Terampil dalam melakukan cabang olahraga dan keterampilan motorik
  • Menguasai konsep dan teori belajar dan pembelajaran gerak, keterampilan olahraga dan pendidikan jasmani
Daftar Pustaka:
  • Shahril, M., Jani, J. and Salimin, N., 2017. Performance Assessment Instrument (PAI) Model for Badminton Based on Teaching Games for Understanding (TGfU). Advanced Science Letters, 23(1), pp.160-164
  • Madsen, C.M., Højlyng, M. and Nybo, L., 2016. Testing of Badminton-Specific Endurance. Journal of strength and conditioning research, 30(9), pp.2582-2590
  • Cohen, C., Texier, B.D., Quéré, D. and Clanet, C., 2015. The physics of badminton. New Journal of Physics, 17(6), p.063001
  • Brahms, Bernd, Volker. (2010). Badminton Handbook. Meyer & Meyer Sport
  • Dikdik, Zafar Sidik. (2012). Speed, Agility, & Quickness. Tahap Persiapan Khusus. Makalah Workshop Prima. Bandung: Hotel Penghegar
  • Faruq, MM. 2008. Meningkatkan Kebugaran Tubuh melalui Permainan dan Olahraga Bulutangkis. Surabaya: Gramedia: Widiasarana Indonesia
  • Marta Dinata & Herman Tarigan. (2004). Bulutangkis. Jakarta: Penerbit Cerdas Jaya
  • Vora, M., Arora, M., Ranawat, D., Vora, M. and Arora, M., 2018. Biomechanics in Badminton-A Review. Orthopedics And Sports Medicine: Open Access Journal, 2(1), pp.114-116
  • Paterson, S., McMaster, D.T. and Cronin, J., 2016. Assessing change of direction ability in badminton athletes. Strength and Conditioning Journal, 38(5), pp.18-30
  • Paup, D., 2017. Skills, drills & strategies for badminton. Routledge
  • Shahril, M., Jani, J. and Salimin, N., 2017. Performance Assessment Instrument (PAI) Model for Badminton Based on Teaching Games for Understanding (TGfU). Advanced Science Letters, 23(1), pp.160-164