Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
F22-SD3
Deskripsi:
Pengetahuan tentang hakikat dan implikasi teori belajar dalam pembelajaran IPA; analisis kurikulum; miskonsepsi dan remidiasi, karakteristik pembelajaran IPA di , pembuatan lembar kegiatan siswa berbasis saintifik di , penilaian serta penyusunan perangkat pembelajarannya.
Capaian Pembelajaran
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
F22-SD3
Deskripsi:
Pengetahuan tentang hakikat dan implikasi teori belajar dalam pembelajaran IPA; analisis kurikulum; miskonsepsi dan remidiasi, karakteristik pembelajaran IPA di , pembuatan lembar kegiatan siswa berbasis saintifik di , penilaian serta penyusunan perangkat pembelajarannya.
Capaian Pembelajaran
- Mengkaji fakta, konsep, dan prinsip IPA kelas tinggi di SD secara mandiri berorientasi PAIKEM BATIK
- Mengkaji kurikulum IPA kelas tinggi di SD secara mandiri berorientasi PAIKEM BATIK
- Merancang, mengorganisaiskan, mengembangkan, mensimulasikan, dan mengevaluasi perangkat pembelajaran IPA kelas tinggi di sekolah dasar secara mandiri berorientasi PAIKEM BATIK
- Abell, S.K. et al. 2010. Designing and Teaching the Elementary Science Methods Course. New York: Routledge
- Abruscato, J. 2004. Teaching Children Science: A Discovery Approach, 6th Edition. Boston, MA: Allyn and Bacon.
- Appleton, K. (Eds.). 2007. Elementary Science Teacher Education: International Perspectives on Contemporary Issues and Practice. Mahwa, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
- Buxton, C. A. & Provenzo, Jr., E. F. 2012. Place-based Science Teaching and Learning: 40 Activities for K-8 Classrooms. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
- Hayes, D. (Eds.). 2007. Joyful Teaching and Learning in the Primary School. Exeter: Learning Matters Ltd.
- Joyce, B. R., Weil, M., & Calhoun, E. 2014. Models of Teaching. Pearson Education.
- Koch, J. 2018. Science stories: Science methods for elementary and middle school teachers, 6th edition. Nelson Education.
- Krajcik, J. S. & Czerniak, C. M. 2014. Teaching Science in Elementary and Middle School: A Project-Based Approach, Fourth Edition. New York: Routledge.
- Krajcik, J. S. & Czerniak, C.M. 2018. Teaching Science in Elementary and Middle School A Project-Based Learning Approac. New York: Taylor & Francis
- Martin et al. 2014 Teaching Science for All Children an Inquiry Approach, 5th Edition. Harlaow: Pearson Education
- Martin, D. J. 2012. Elementary Science Methods: A Constructivist Approach, Sixth Edition. Belmont: Wadsworth.
- Permendikbud no 37 tahun 2018, tentang KI dan KD Pendidikan Dasar dan Menengah
- Usman Samatowa. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT. Indeks: Jakarta
- Yunus Abidin. 2015. Pembelajaran Multiliterasi. Refika Aditama: Bandung
- Teacher: Lilik Bintartik