Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C22-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Metodologi Riset dan Pengembangan merupakan matakuliah yang menerapkan dalam melakukan eksplorasi, evaluasi, sintesis, dalam kaitannya dengan kontek menerapkan metode penelitian untuk meningkatkan belajar dan memperbaiki unjuk kerja melalui penulisan karya ilmiah. Matakuliah Metodologi Riset dan Pengembangan juga memberikan wadah kepada mahasiswa yang terkait dengan bagaimana melakukan/menunjukkan Assessing/ Evaluasi terhadap lingkungan belajar, untuk dipecahkan melalui metode yang ilmiah berlandaskan teori Teknologi Pendidikan dan Kode Etik Profesi secara faktual, konseptual dan prosedural dalam Metodologi Riset dan Pengembangan.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menguasai pengertian, landasan, dan prinsip dan ilmiah
  • 2. Menguasai dasar-dasar statistik untuk pendidikan
  • 3. Mampu merancang proposal penelitian kuantitatif bidang pendidikan
  • 4. Mampu melakukan penelitian kuantitatif bidang pendidikan
  • 5. Menguasai landasan dan teori penelitian kualitatif
Daftar Pustaka:
  • 1. Burrell, G dan Morgan, G. 1994. Sociologicsl Paradigms and Organisational Analysis, Ashgate Publishing Company. Vermont.
  • 2. Chambers, R. 1987. Pembangunan Desa Mulai Dari belakang. Terjemahan Oleh Sudradjat, P. LP3ES. Jakarta.
  • 3. Seels, B.B. 1995. Instructional Design Fundamentals, E.T. Publications. New Jersey.
  • 4. Giddens, A. 2003. The Constitution of Society: The Outline of the Theory of Structuration. The Constitution of Society: Teori Strukturasi Untuk Analisis Sosial. Terjemahan Oleh Aujono, A.L. Pedati. Pasuruan.