Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C-A
Deskripsi:
Topik kajian mencakup: (1) ruang lingkup materi bahasa Indonesia dan seni-budaya di SD serta (2) model dan pengembangan bahan ajar berupa (prinsip, prosedur, problema). Dalam perkuliahan ini mahasiswa (1) mengkaji fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dalam materi BI-SB di SD model bahan ajar; (2) menelaah model dan prosedur pengembangan bahan ajar BI-SB; (3) berdiskusi untuk memilih, menata, dan mepresentasikan bahan ajar BI-SB; dan (4) menyusun laporan hasil kajian dan hasil pengembangan bahan ajar; (5) membiasakan diri merefleksi hasil kajian dan pengembangan bahan ajar BI-SB.
Capaian Pembelajaran
  • Meningkatkan penguasaan teori dan keterampilan mahasiswa dalam kajian materi bahasa Indonesia di SD
  • Meningkatkan penguasaan teori dan keterampilan mahasiswa dalam kajian materi seni-budaya di SD
  • Meningkatkan penguasaan teori dan keterampilan mahasiswa dalam pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia dan seni-budaya (BI-SB) di SD.
  • Mengkaji fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dalam materi BI-SB di SD model bahan ajar
  • Mengembangkan bahan ajar BI-SB
  • UTS
  • UAS
Daftar Pustaka:
  • Krahnke, Karl. 1987. Approaches to Sylabus Design for Foreign Language Teaching. New Jesey: Prentice Hall Regents, Engelewood Cliffs.
  • Pamadhi, Hajar. 2012. Pendidikan Seni. Yogyakarta. UNY Press.
  • Soehardjo. 2005. Pendidikan Seni dari Konsep sampai Program. Malang: UM Press
  • Jazuli. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: UNESA Press
  • Amri, Sofan dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  • Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
  • Ibrahim, Nurdin dan Darlan Sidik. 2014. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
  • Andersen, Orin W. and David R. Krathwohl. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, an Assessing. New York: AddisaonWesley Longman, Inc.
  • Cox, Carole. 1999. Teaching Language Arts: A Student and Response-Centered Classroom. Boston: Allyn and Bacon.
  • Dick & Carey. 2001. The Dick & Carey Model Exemplifier The Systematic Approach to Curiculum and Program Design. (Online), http://adit279.com/http:/adit279.com/instructional-design-dick-and-carey-model-robert-gagne%E2%80%99s-model-kemp-model.html, diakses tanggal 19 Juli 2009).
  • Dworetzky, John P. 1990. Introduction to Child Development. St. Paul: West Publishing Company.
  • Jalongo, Mary Renck. 1992. Early Childhood Language Arts. Boston: Allyn and Bacon.
  • Jalongo, Mary Renck. 2007. Early Childhood Language Arts. Boston: Pearson Education Inc.
  • Richards, Jack C. 2002. Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
  • Squires, David A. 2005. Aligning and Balancing the Standar-Based Curriculum. California: A Sage Publications Company.
  • Permendikbud Th. 2016 No. 020--024 Standar Kompetensi Lulusan- Lampiran.pdf