Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A22-A22
Deskripsi:
Matakuliah ini memuat unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan supervisi pembelajaran untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro di lembaga pendidikan, memahami hakekat belajar orang dewasa; (2) Sikap, menjunjung tinggi nilai kemanuisaan dalam mendalami supervisi pembelajaran; dan (3) Keterampilan, mampu melaksanakan simulasi supervisi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan yang tepat. Matakuliah ini membahas konsep dasar dan pendekatan supervisi pengajaran; pembelajaran dan permasalahannya; hakekat belajar orang dewasa, serta proses dan evaluasi pelaksanaan supervisi pengajaran. Perkuliahan dilakukan secara tatap muka, online, praktik mikro di kelas dilanjutkan dengan pembahasannya.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu melaksanakan simulasi kegiatan dan evaluasi pelaksanaan supervisi pengajaran dalam pemecahan masalah pembelajaran
  • Memiliki sikap positif dalam memecahkan masalah pembelajaran
  • Ujian
  • Memahami konsep dasar dan pendekatan supervisi pengajaran
Daftar Pustaka:
  • Burhanuddin, Maisyaroh, Imron, A. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.
  • Alfonso, R.J, Firth, G.R, Neville, R.F. 1981. Instructional Supervision: a Behavior System. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
  • Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Joyce, B and Weil, M. 1996. Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
  • Mantja, W. 2007. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pendidikan. Malang: Elang Mas.
  • Glickman, C.D. 1981. Developmental Supervision: Alternative for Helping Teachers Improve Instructions. Virginia, Alexandria: ASCD.
  • Bernard, Jenine M. and Rodney K. Good Year. 1992. Fundamentals of Clinical Supervision. Boston: Allyn and Bacon.
  • Maisyaroh. 2012. Pelaksanaan Supervisi Kolegial di Sekolah Dasar. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
  • Soetopo, Hendyat. 1992. Evaluasi Program Supervisi Pendidikan. Malang: OPF IKIP.