Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A3A-A3A
Deskripsi:
Matakuliah ini memuat unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dalam bidang kepemimpinan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; unsur sikap menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang administrasi pendidikan secara mandiri; (2) Keterampilan, mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang administrasi pendidikan, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar supervisi pendidikan (akademik dan manajerial) (pengetahuan dan pemahaman), aspek-aspek pengembangan tenaga kependidikan, model supervisi pendidikan (akademik dan manajerial), teknik supervisi pendidikan (akademik dan manajerial program perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pelaksanaan supervisi pendidikan (akademik dan manajerial), project perencanaan supervisi satuan pendidikan, mampu membuat project praktik Teknik supervisi satuan Pendidikan, dan permasalahan supervisi pendidikan (akademik dan manajerial) dan alternatif pemecahannya..
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep dasar supervisi pendidikan (akademik dan manajerial), aspek-aspek pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, berbagai model dan teknik supervisi pendidikan (akademik dan manajerial).
  • Mampu membuat project perencanaan, mampu mensimulasikan beberapa project teknik supervisi pendidikan (akademik dan manajerial), dan mampu mengevaluasi pelaksanaan supervisi pendidikan (akademik dan manajerial)
  • Mampu menganalisis permasalahan supervisi pendidikan (akademik dan manajerial) dan menentukan alternatif pemecahannya
Daftar Pustaka:
  • Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
  • Burhanuddin, Maisyaroh, Imron, A. 2007. Supervisi pendidikan (akademik dan manajerial) dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: FIP Universitas Negeri Malang Bernard, Jenine M. and Rodney K. Good Year. 1992. Fundamentals of Clinical Supervision. Boston: Allyn and Bacon.
  • Glickman, C.D. 1981. Developmental Supervision: Alternative for Helping Teachers Improve Instructions. Virginia, Alexandria: ASCD.
  • Imron, Ali. 2011. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Maisyaroh. 2012. Pelaksanaan Supervisi Kolegial di Sekolah Dasar. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
  • Marks, Sivo James R. 1985. Handbook of Educational Supervision: a Guide for Practitioner. Boston: Allyn Bacon, Inc.
  • Neagley, Rose L. and Evan, N. 1980. Handbook for Effective Supervision of Instruction. Englewood Eliffs: Prentice Hall, Inc.
  • Olivia, Peter F. 1984. Supervision for Today's School. New York: Longman.
  • Sahertian, P.A. dan Mataheru, F. 1981. Prinsip dan Teknik Supervisi pendidikan (akademik dan manajerial). Surabaya: Usaha Nasional.
  • Sergiovanni, T. and Starrat, R.J. 1983. Supervisions: Human Perspective. New York: Mc. Graw Hill Book Company.
  • Soetopo, Hendyat. 1992. Evaluasi Program Supervisi pendidikan (akademik dan manajerial). Malang: OPF IKIP MALANG.
  • Wiles, Kimball. 1987. Supervision for Better School. New York: Prentice Hall, Inc.