Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
D21-D21
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki tiga aspek utama yang meliputi: (1) pengetahuan, yaitu kajian konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang akuntabilitas pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin; (2) sikap, yaitu perilaku berdasarkan kajian pengetahuan akuntabilitas pendidikan untuk menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.; dan (3) keterampilan, yaitu kemampuan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks proses perencanaan, sistem tata kelola, supervisi, monitoring dan evaluasi serta pelaporan dalam bidang pendidikan. Berdasarkan kandungan unsur-unsur tersebut, pembelajaran matakuliah ini membahas tentang perkembangan sistem akuntabilitas sekolah, konsep dasar dan model akuntabilitas, personel dan sekolah yang akuntabel, strategi sistem pendidikan yang akuntabel, manajemen berbasis sekolah, kebijakan dan praktik akuntabilitas, pengawasan dan masa depan akuntabilitas. Pencapaian tujuan mata kuliah ini melalui berbagai kegiatan perkuliahan yang melibatkan keaktifan mahasiswa. Kedudukan matakuliah ini adalah matakuliah pilihan yang menjadi modal mahasiswa untuk mengembangkan sistem pendidikan yang lebih baik.
Capaian Pembelajaran
  • Memiliki wawasan tentang perkembangan sistem akuntabilitas sekolah
  • Menguasai konsep dasar akuntabilitas sekolah
  • Menguasai model-model sistem akuntabilitas sekolah
  • Memahami personel dan sekolah yang akuntabel
  • Menguasai strategi sistem pendidikan yang akuntabel
  • Menguasai manajemen berbasis sekolah
  • Menguasai kebijakan dan praktik akuntabilitas.
  • Menguasai pengawasan dan masa depan akuntabilitas
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Bruns, B., Filmer, D., and Patrinos, H.A. 2011. Making Schools Work New Evidence on Accountability Reforms. Washington, D.C.: The World Bank.
  • Fuhrman, S.H. and Elmore, R.F. (Editors). 2004. Redesigning Accountability Systems for Education. New York: Teachers College Press, Columbia University.
  • Hess, F.M. 2006. Tough Love for Schools Essays on Competition, Accountability, and Excellence. Washington, D.C.: The American Enterprise Institute Press.
  • Mintrop, H. 2004. Schools on Probation: How Accountability Works (and Doesn’t Work). New York: Teachers College Press, Columbia University.
  • Peterson, P.E., and West, M.R. (Editors). 2003. No Child Left Behind? The Politics and Practice of School Accountability. Washington, D.C.: The Brookings Institution Press.
  • Reeves, D.B. 2004. Accountability for Learning: How Teachers and School Leaders Can Take Charge. Alexandria, Virginia: ASCD.
  • Sirotnik, K.A. (Editor). 2004. Holding Accountability Accountable: What Ought to Matter in Public Education. New York: Teachers College Press, Columbia University.
  • Suskie, L. 2015. Five Dimensions of Quality: a Common Sense Guide to Accreditation and Accountability. San Francisco, CA: Jossey-Bass, A Wiley Brand.
  • Tucker, M.S. and Codding, J.B. (Editors). 2002. The Principal Challenge Leading and Managing Schools in an Era of Accountability. San Francisco, CA: Jossey-Bass, A Wiley Brand.