Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah perencanaan pesan media mamadukan beragam konsep teoritis, konseptual dan praktik yang berbasis komunikasi stratejik. Pada kerangka konseptual, langkah-langkah dalam pengembangan perencanaan program komunikasi untuk organisasi profit atau nonprofit. Kerangka konseptual diaplikasikan dalam pembuatan program perencanaan komunikasi dengan memperhatikan elemen-elemen dalam komunikasi yang mencakup komunikator (sumber), pesan, media, segmentasi khalayak, dan dampak dari pesan. Materi perkuliahan ini terdiri dari pemahaman perencanaan program pesan media komunikasi, perspektif komunikasi pada perencanaan program komunikasi, definisi permasalahan, analisis situasi, identifikasi audiens, pengembangan pesan, perencanaan media komunikasi, monitoring dan strategi evaluasi program komunikasi
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar dan elemen perencanaan serta pemahaman terkait perencanaan program komunikasi
  • Mahasiswa terampil berperan sebagai perencana, konsultan, dan analis di industri komunikasi kreatif
  • Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori dalam analisis kasus
  • Mahasiswa mampu menganalisis ragam metode komunikasi untuk menjangkau konsumen yang berbeda
  • Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif baik secara mandiri maupun berkelompok, bermutu dan terukur dalam proses pengambilan keputusan terkait strategi pemasaran yang sesuai dengan konsumen yang dituju
Daftar Pustaka:
  • Ferguson, S. D. (1999). Communication planning: An integrated approach. London: Sage Publication.
  • Fiske, J. (1990). Introduction to communication studies (2ed ed.). London-New York: Routledge.
  • Rogers, E. M. dan Kincaid, D. L. (1991). Communication networks toward a new paradigm for research. New York: The Free Press.
  • Schultz, D. E., Tannenbaum, S. I. dan Lauterborn, R. F. (1994). Integrated marketing communication. Illinois: NTC Business Books.
  • Simmons, R. E. (1990). Communication campaign management: A systems approach. New York : Longman.
  • Smith, P. R. dan Taylor, J. (1996). Marketing communication: An integrated approach (4th ed.). London: Korean-Page.
  • Windahl, S., Signitzer, B. H. dan Olson, J. T. (1992). Using communication theory: An introduction to planned communication. London California-New Delhi: Sage.
  • Littlejohn, S. W. dan Foss, K.A. (2009). Encyclopedia of communication theory. Thousand Oaks, California: Sage Publications.
  • Patterson, S. J dan Radtke, J. M. (2009). Strategic communication for nonprofit organizations: Seven steps to creating a successful plan (2ed 1. ed.). Hoboken: John Wiley & Sons.
  • Rice, R. E. dan Atkin, C. K. (Eds.). (2001). Public communication campaigns (3rd ed.). Thousand Oaks: Sage Publications. 2. science (h. 817-. 846). New Burry Park: Sage Publications.
  • Rogers, E. M. dan Storey, J. D. (1987). Communication campaigns. Dalam Berger, C. R. dan Chaffe, S. H (Ed.). Handbook of communication
  • Buku, jurnal, studi kasus, laporan lain yang relevan