Tahun Akademik:
Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
A6C-AUD
Deskripsi:

Matakuliah ini mengkaji konsep, jenis-jenis, tujuan dan fungsi pembelajaran kerajinan tangan di PAUD; unsur-unsur dan kriteria / prinsip pembuatan benda kerajinan; pendekatan, strategi, metode, teknik, media dan evaluasi pembelajaran kerajinan tangan di PAUD; berbagai teknik membuat benda kerajinan dengan menggunakan berbagai macam bahan dan alat; serta memulai usaha baru dalam bidang PAUD sesuai karakter dan kebutuhan masyarakat.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep jenis-jenis, tujuan dan fungsi pembelajaran kerajinan tangan di PAUD

  • Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang unsur-unsur dan kriteria / prinsip pembuatan benda kerajinan

  • Mahasiswa memiliki keterampilan merencanakan pembelajaran kerajinan tangan di PAUD

  • Mahasiswa memiliki kreatifitas dalam merancang dan membuat berbagai benda kerajinan dengan berbagai teknik serta menggunakan berbagai macam bahan dan alat

  • Mahasiswa terampil menentukan, merencanakan, serta merancang produk kerajinan tangan dan memulai usaha baru dalam bidang PAUD sesuai karakter dan kebutuhan masyarakat.

  • UTS

  • UAS
Daftar Pustaka:
  • Bujono, B. &Adi, W. 2012. Seni Rupa Indonesia. Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta

  • Kamtini,. 2006. Berkreativitas melalui Kerajinan Tangan dan Kesenian di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan

  • Mulyani, Y. &Gracinia, J. 2007. KemampuanFisik, Seni dan Manajemen Diri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

  • Margono, E.T. & Aziz, A. 2010. Mari Belajar Seni Rupa. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional

  • Sukimin. 2012. Seni Budaya. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

  • Sumanto. 2006. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak SD. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan

  • Jeffry Timmons and Stephen Spinelli.2007. New Venture Creation, Entrepreneurship for the 21st Century. 7th ed., McGraw-Hill Education,International

  • Helga Drummond, 2009. Successful Entrepreneur Spot The Opportunity, Take A Risk And Build A Brilliant Business. Kogan Page Limited. London

  • Soesarsono, 2002, Pengantar Kewirausahaan, Buku I, Jurusan Teknologi Industri IPB, Bogor
    Referensi Pendukung:

  • J. Tumurung, Heti. 2006. Pembelajaran Kreativitas Seni Anak Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan