Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A4D-PLS
Deskripsi:
Matakuliah ini akan membekali mahasiswa tetang filosofi dan konsep dasar Paedagogi An-dragogi sebagai suatu kajian yang kontinum (bukan versus). Memahami tentang asumsi dasar, pan-dangan tentang peserta didik, fasilitator, proses dan tujuan belajar (anak dan orang dewasa) beserta interaksinya serta prinsip Paedagogi Andragogi terutama dalam implementasi pembelajarannya.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai filosofi dan konsep dasar paedagogi andragogi sebagai suatu kajian yang kontinum (bukan versus)
  • Menelaah asumsi dasar, pandangan tentang peserta didik, fasilitator, proses dan tujuan belajar (anak dan orang dewasa)
  • Menganalisis interaksi dan prinsip paedagogi andragogi dalam implementasi pembelajaran
Daftar Pustaka:
  • Cross, Patricia. 1981. Adult is Learners: Increasing Participation and Facilitating Learning. San Fransisco, Jossey Bass Publisher
  • Richard. 2007. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.
  • Mulyasa, Enco. 2006. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Me-nyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Roestiyah. 1994. Masalah Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Suprijanto. 2007. Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007.
  • An-nahlawy, ‘Abd al-rahman. 2000. al-Tarbiyyah bi al-Hiwar: min Asalib al-tarbiyah al-Islamiyyah. Beirut: Dar al-Fikr al-Mu’asir.
  • Knowles, Malcolm. 1975. Sel-Directed Learning; A Guide for Learners and Teachers. Chicago: Fol-let Publising Company, 1975.