Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
L-LL
Deskripsi:
Statistik dan statistik urutan, sebaran normal multivariat, sebaran khi kuadrat, sebaran t, F, dan β, barisan peubah acak, kekonvergenan dalam peluang, teorema limit pusat, pendekatan sebaran diskret dengan sebaran normal, pendugaan metode momen, pendugaan metode kemungkinan maksimum, penduga takbias dan konsisten, batas bawah Rao-Cramer dan keefisienan, ukuran dari kualitas penduga, statistik cukup suatu parameter, selang kepercayaan, permasalahan dua sampel, penduga Bayes, daerah kritis, uji-uji untuk sebaran normal dan sebaran binomial, daerah kritis terbaik, uji paling kuasa seragam, serta uji perbandingan kemungkinan.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai secara komprehensif dan menggunakan penalaran pada pola dan sifat yang berkaitan dengan konsep statistika dan sebaran sampel, sebaran batas, teori pendugaan, dan uji hipotesis
Daftar Pustaka:
  • Bain, L. J. dan Engelhardt, M. 1992. Introduction to Probability and Mathematical Statistics. Edisi Kedua. Belmont, California: Duxbury Press.
  • Hogg, R. V., McKean J. W., dan Craig, A. T. 2005. Introduction to Probability and Mathematical Statistics. Edisi Keenam. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
  • Susiswo. 2017. Pengantar Statistika Matematis. Malang: UM Press.