Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
D22-D22
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan manajemen pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang administrasi pendidikan. Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang metodologi penelitian kuantitatif, yang materinya mencakup konsep dasar penelitian kuantitatif, paradigma penelitian, jenis penelitian kuantitatif, proses penelitian, desain penelitian, perumusan masalah dan tujuan penelitian, variabel penelitian, hipotesis penelitian, populasi dan teknik pengambilan sampel penelitian, teknik pengumpulan data, pengembangan instrumen penelitian, teknik analisis data, interpretasi data, dan pelaporan hasil penelitian kuantitatif.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai paradigma penelitian kuantitatif
  • Menguasai konsep dasar penelitian kuantitatif
  • Mampu menyusun desain penelitian kuantitatif
  • Mampu mengembangkan instrumen penelitian
  • Mampu mengumpulkan data penelitian
  • Mampu mengolah data hasil penelitian
  • Mampu menyusun laporan hasil penelitian
  • Memiliki sikap kritis dan ilmiah dalam memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Johnson & Christensen, 2004
  • Cresswell, 2013, Research Design
  • Wiyono, B.B. 2007. Metodologi Penelitian
  • Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Administrasi
  • Noeng Muhadjir, 2007, Metodologi Keilmuan
  • Marthen, 2010, Handbook in Research and Evaluation