Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A4B-PLS
Deskripsi:
Konsep kebutuhan dan sumber belajar; langkah dan metode identifikasi kebutuhan dan sumber belajar; pemanfaatan IKBM bagi perencanaan, penyelenggara dan pengembangan PNF
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa dapat memahami dan menguasai konsep-teori tentang masalah dan kebutuhan belajar masyarakat;
  • Mahasiswa mampu memberikan penjelasan atau alasan tentang kegunaan dan landasan bagi proses identifikasi masalah dan pengukuran kebutuhan, dan hubungannya dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pendidikan luar sekolah;
  • Mahasiswa mampu memberikan alasan dalam memilih pendekatan dan strategi, skenario asesmen, dan menyusun instrument asesmen kebutuhan belajar masyarakat;
  • Mahasiswa terampil melaksanakan kegiatan menggali, mengolah dan menganalisis data, serta menyimpulkan hasil identifikasi dan asesmen kebutuhan belajar untuk penyusunan perencanaan dan evaluasi program pendidikan luar sekolah;
  • Mahasiswa memiliki sikap positif sebagai tenaga terampil pada proses asesmen kebutuhan belajar masyarakat.
Daftar Pustaka:
  • Rohani, A. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
  • Burbach, HJ. & Larry E. Decker. 1977. Planning Assessment in Community Education. Michigan: Pendell Publishing Company.
  • Boydell, T. H. 1979. A Guide to The Identification of Training Needs. London: British Association for Commercial and Industrial Education.
  • Briggs, Leslei J. 1977. Instructional Design. New Jersey: Educational Technology Publication.
  • Chambers, R. 1999. Participatory Rural Appraisal.
  • Kauffman, R.A. 1972. Educational System Planning. New York: Prentice-Hall Inc.
  • Kauffman, R.A dan Fenwick W. English. 1979. Needs Assessment Concept and Application. New Jersey: Educational Technology Publication.
  • UNESCO. 2007. Handbook for Facilitator Adult Education. Japan: UNESCO.
  • Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educational and Social Programs. San Francisco: Jossey-Bass Publisher.