Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A3-A3
Deskripsi:
Mahasiswa akan mengembangkan model pembelajaran, strategi dan teknik pedagogi untuk mengajar dan menilai Sains dan Teknologi pada pendidikan dasar, yang mendorong pengembangan keterampilan kerja secara ilmiah dan bekerja secara teknologiS Mahasiswa akan mempelajari bagaimana siswa pendidikan dasar belajar sains dan teknologi dan dasar-dasar pengetahuan yang mendasari prinsip-prinsip dan praktik pembelajaran sains dan teknologi. Aktivitas belajar meliputi: (1) pemfokusan pada ide anak pribadi (personal constructivist) dan lingkungan belajar fisik dan sosial (sociocultural constructivist) dan pedagogi berbasis permainan dan pengalaman langsung; (2) merencanakan menggunakan model pembelajaran yang mempertimbangkan gagasan siswa dan lingkungan belajar yang menggunakan prinsip pedagogis yang produktif; dan (3) terlibat secara bertanggung jawab dengan isu-isu lokal, nasional dan global yang relevan dengan penciptaan masa depan yang berkelanjutan.
Capaian Pembelajaran
  • Memampukan mahasiswa membangun kompetensi dan kepercayaan diri mereka dalam pembelajaran sains dan teknologi bagi siswa SD dan SMP
  • Membantu mahasiswa memperkuat apresiasi terhadap pentingnya strategi dan model pembelajaran, yang menekankan prinsip prinsip pembelajaran konstruktivis dan pedagogi berbasis pengalaman nyata.
  • Memampukan mahasiswa merancang dan mengalami penerapan strategi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia. Matakuliah ini menekankan pedagogi produktif, inklusivitas, integratif, dan keberlanjutan
  • Mahasiswa mampu menggunakan teknik penilaian untuk menilai pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan
Daftar Pustaka:
  • Course Outline
  • Jolly, 2017: 1 – 13
  • Jolly, 2017: 14 - 23
  • Jolly, 2017: 24 - 34
  • Jolly, 2017: 35 - 53
  • Jolly, 2017: 54 - 63
  • Jolly, 2017: 64 - 74
  • Jolly, 2017: 75 - 92
  • Jolly, 2017: 93 - 109
  • Jolly, 2017: 110 - 127
  • Jolly, 2017: 128 - 135
  • Jolly, 2017: 136 - 144