Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
E1-E1
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi kajian tentang hakikat belajar dan pembelajaran sesuai konteks pendidikan abad 21, unsur dan prinsip belajar berdasarkan konteks pendidikan abad 21, determinan yang berpengaruh dalam proses belajar, identifikasi kondisi pembelajaran dan modalitas belajar dalam konteks pendidikan abad 21, teori belajar dan pembelajaran dalam konteks pendidikan abad 21, komponen pembelajaran sebagai suatu sistem (peserta didik, guru, tujuan, isi, strategi, media belajar, dan evaluasi), model-model pembelajaran menurut rumpunnya, perancangan pembelajaran (tujuan pembelajaran, penilaian autentik dan perangkat) dalam konteks pendidikan abad 21 untuk mendukung pembangunan berkelanjutan (SDGs).
Capaian Pembelajaran
  • Mengkaji secara komprehensif hakikat belajar dan pembelajaran berdasarkan konteks pendidikan abad 21
  • Mengkritisi berbagai kondisi pembelajaran di berbagai satuan pendidikan
  • Menganalisis secara komprehensif teori-teori belajar dan pembelajaran berdasarkan konteks pendidikan abad 21
  • Menganalisis komponen-komponen pembelajaran baik secara tersendiri maupun sebagai suatu sistem yang saling terkait
  • Merancang pembelajaran dalam konteks pendidikan abad 21 untuk mendukung pembangunan berkelanjutan (SDGs)
Daftar Pustaka:
  • Arends, R., & Castle, S. (2011). Learning to teach (9th edition). New York: McGraw-Hill.
  • Bruce Joyce, M.; Weil, & E. Calhoun. (2019). Models of Teaching (9th edition). Prentice Hall.
  • Gredler, M. E. (2009). Learning and instruction: Theory into practice. Prentice Hall.
  • Ormrod, J. E. (2017). How we think and learn: Theoretical perspectives and practical implications. Cambridge University Press.
  • Slavin, R. E., & Davis, N. (2018). Educational psychology: Theory and practice. Pearson