Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
D21-D21
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki tiga aspek utama yang meliputi: (1) pengetahuan, yaitu kajian konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang ekonomi pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin; (2) sikap, yaitu perilaku berkontribusi berdasarkan pengetahuan ekonomi pendidikandalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) keterampilan, kemampuan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif berdasarkan ekonomi pendidikan dalam konteks proses perencanaan, sistem tata kelola, supervisi, monitoring dan evaluasi serta pelaporan dalam bidang pendidikan. Berdasarkan kandungan unsur-unsur tersebut, pembelajaran mata kuliah Ekonomi Pendidikan membahasa hakikat, prinsip-prinsip, dan aspek-aspek ekonomi pendidikan. Pendidikan sebagai investasi pembangunan: nilai-nilai strategis pendidikan dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi, pasar kerja lulusan, pengaruh faktor-faktor sosial ekonomi keluarga, organisasional, dan industri terhadap program investasi pendidikan. Kecenderungan pemerintah dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pembiayaan pendidikan: sumber-sumber anggaran pendidikan di negara-negara berkembang dan akuntabilitas pengelolaan anggaran.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menjadi tenaga profesional yang berdedikasi pada penyelenggaraan pendidikan.
  • Menguasai teori dasar dan mampu memformulasikan penyelesaian masalah bidang ekonomi pendidikan secaara prosedural
  • Mampu membuat keputusan organisasional secara cepat, tepat, dan akurat dalam bidang ekonomi pendidikan.
  • Mampu memberikan advokasi bidang manajemen pendidikan terkait aspek ekonomi pendidikan.
  • Ujian
Daftar Pustaka: