Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
B23-B23
Deskripsi:
Matakuliah Pengembangan Proposal Thesis bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa topik-topik riset Akuntansi terkini yang sesuai untuk level thesis magister. Selain itu, matakuliah ini memberikan bekal kepada mahasiswa untuk mampu menyusun proposal thesis yang berkualitas dengan kontribusi yang jelas. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam perkuliahan ini mahasiswa akan dihadapkan pada tugas dan diskusi pengembangan proposal penelitian yang mengkaji topik-topik penelitian terkini di bidang akuntansi. Secara singkat mahasiswa diharapkan mampu: 1. Mengidentifikasi permasalahan akuntansi yang layak untuk diteliti lebih lanjut 2. Menyusun latar belakang masalah penelitian yang menggambarkan urgensi dan kontribusi yang nyata permasalahan yang diteliti terhadap pengembangan pengetahuan baru yang andal di bidang akuntansi. 3. Menyusun kajian pustaka secara kritis yang memberikan landasan konseptual dan teoritik yang relevan terhadap permasalahan yang akan diteliti. 4. Menyusun metode penelitian sesuai tujuan penelitian, karakteristik permasalahan, dan konteks penelitian
Capaian Pembelajaran
  • Mengidentifikasi permasalahan akuntansi yang layak untuk diteliti lebih lanjut.
  • Melakukan telaah kritis terhadap permasalahan kekinian bidang akuntansi dengan melibatkan tinjauan praktis maupun teoritis.
  • Menyusun latar belakang masalah penelitian dengan kontribusi yang nyata terhadap literatur .
  • Menyusun tinjauan pustaka secara kritis yang dinarasikan dengan padat dan informatif berdasarkan kaidah penulisan karya ilmiah.
  • Menyusun metode penelitian secara robust dengan justifikasi ilmiah atas data dan alat analisa yang digunakan dalam penelitian.
Daftar Pustaka:
  • PPKI UM 2017. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.