Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A-PKIP
Deskripsi:
Konsep dan teori pengembeangan media promosi kesehatan; sumber-sumber yang memengaruhi media promosi kesehatan; aspek rancangan media promosi kesehatan; rancangan desain media promosi kesehatan; pengembangan media cetak promosi kesehatan, pengembangan media audio, pengembangan media audio visual, dan pengembangan media berbasis komputer dan internet.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mengusai konsep dasar media promosi kesehatan meliputi media grafis, media audio visual dan media audio termasuk didalamnya metode mengembangkan media promosi kesehatan sebagai sarana menyampaikan pesan kesehatan di masyarakat.
Daftar Pustaka:
  • Anglin, G.J. 1991. Instrutional Technology: Past, Present and Future. Engiewood Colorado: Libraries Unlimite, Inc.
  • Machfoez & Suryani. 2007. Pendidikan Kesehatan Bagian dari Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Fitramaya.
  • Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta
  • Seeis, B.B. dan Richey, R.C. 1994. Instructional Technology. The Definition and Domain of The Fild. Washington DC: AECT
  • Wasis, D.D. 2002. Dimensi Teknologi Pembelajaran. Malang: Wineka Media
  • Wasis, D.D. 2003. Pengembangan Sumber Belajar dalam Pembelajaran. Malang: Wineka Media
  • Wasis, D.D. 2010. Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.
  • Egger, G., Spark, R., & Donovan, R. (2013). Health promotion strategies and methods (3rd ed.). North Ryde: McGraw Hill Publishers.
  • Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Grasindo.
  • Egger, G., Spark, R., & Donovan, R. (2013). Health promotion strategies and methods (3rd ed.). North Ryde: McGraw Hill Publishers.
  • Levac, J. J., & O'Sullivan, T. (2016). Social media and its use in health promotion. Revue interdisciplinaire des sciences de la santé-Interdisciplinary Journal of Health Sciences, 1(1), 47-53.
  • Macdowall, W., Head, R., & Wellings, K. (2006). Mass media campaigns. In W. Macdowall, C. Bonell, & M. Davies (Eds.), Health promotion practice (pp. 112-124). Maidenhead, Berkshire, UK: Open University Press.
  • Portsmouth, L., Trede, F., & Olsen, M. (2012). Communicating with the community about health. In J. Higgs, A. Sefton, A. Street, L. McAllister, & I. Hay (Eds.), Communicating in the health and social sciences (3rd ed., pp. 249-259). Oxford University Press: South Melbourne.
  • Portsmouth, L. (2012). Health and the media. In P. Liamputtong, R. Fanany, & G. Verrinder (Eds.), Health, illness and wellbeing: perspectives and social determinants (pp. 257-277). South Melbourne: Oxford University Press.
  • Susilowati, Dwi. (2016). Promosi Kesehatan. Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian KEsehatan Republik Indonesia. Diunduh dari http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Promkes-Komprehensif.pdf
  • Wellings, K., & Macdowall, W. (2000). Evaluating mass media approaches to health promotion: a review of methods. Health Education, 100(1), 23-32.