Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengantar psikologi dalam konteks implementasinya pada dunia pendidikan. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mengeksplorasi pengertian, ruang lingkup, dan beberapa teori dalam psikologi pendidikan. Mata kuliah ini juga menelaah faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran sampai pada evaluasi hasil belajarnya. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diminta mengevaluasi dan menemukan permasalahan terkait strategi pengajaran, manajemen kelas, lingkungan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang terjadi di sekitar mereka. Pada akhirnya dalam mata kuliah ini mahasiswa diminta merancang sebuah intervensi pemecahan masalah dalam psikologi pendidikan yang telah mereka temukan sebelumnya.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mengeksplorasi konsep, teori belajar, dan dasar pendidikan menurut perspektif psikologi secara komprehensif.
  • 2. Menganalisis permasalahan dalam pendidikan menurut perspektif psikologi secara akurat.
  • 3. Merancang intervensi pemecahan masalah dalam psikologi pendidikan secara efektif.
Daftar Pustaka:
  • Ormrod, Jeanne Ellis. (2008). Psikologi pendidikan edisi keenam jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  • Slavin, Robert E. (2007). Psikologi pendidikan jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Indeks
  • Santrock, J.W. (2010). Educational Psychology. Mc-Graw Hill
  • Santrock, J.W. (2012). Life-span Development. Mc-Graw Hill
  • Diktat Mata Kuliah “Psikologi Pendidikan Kontekstual di Indonesia” penulis Aji Bagus Priyambodo