Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A-AKK
Deskripsi:
Konsep Pemasaran meliputi transformasi marketing, strategi pemasaran (Komponen pemasaran), Pemasaran Sosial (STP –Segmentation, Targeting, Positioning), Perencanaan pemasaran; Mix Marketing meliputi pengertian dan tujuan, product, price, promotion –how to communicate, place, people, process dan physical facility); Konsep Pelanggan meliputi konsep perilaku customer, loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan; Customer Relationship Marketing (CRM); Riset Pemasaran meliputi pengertian, tahapan riset pemasaran, populasi dan sampel dan teknik pengambilan sampel; Branding meliputi pengertian dan tujuan branding, atribut brand, strategi brand, dan hukum brand; Penyusunan strategi pemasaran program Kesehatan (study case); Dasar Manajemen logistik meliputi Pengertian Umum, Maksud dan Tujuan Manajemen Logistik, Sejarah Manajemen Logistik, Manajemen Logistik dan Sistem Administrasi, dan Fungsi-Fungsi Manajemen Logistik meliputi: fungsi Perencanaan, fungsi Penganggaran dan fungsi pengadaan logistic, fungsi penyimpanan, fungsi persediaan logistic, fungsi distribusi dan fungsi Penghapusan (alasan penghapusan, program penghapusan, proses penghapusan dan cara-cara penghapusan; Siklus logistik; Sistem informasi logistik; Pengendalian mutu logistik; Implementasi pengadaan logistik di instansi kesehatan
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep pemasaran jasa dan logistik kesehatan guna menyusun program pemasaran jasa yang tepat dan menggambarkan manajemen logistik pada pelayanan kesehatan
Daftar Pustaka:
  • Banarjee, V. J. 2013. Strategic logistic management. New Delhi: Anmol Publications.
  • Christopher, M. 2016. Logistics and supply chain management. Harlow (England: Pearson.
  • Quick, J.D. (1996), Managing Drug Supply: The Selection, Procurement, Distribution and Use of Pharmaceutical. 2 nd ed. Kumarin Press, Inc. Connecticut.
  • Quick, J.D. (1996), Managing Drug Supply: The Selection, Procurement, Distribution and Use of Pharmaceutical. 4 nd ed. Kumarin Press, Inc. Connecticut.
  • S. Supriyanto, Ernawati, 2010, Pemasaran Industri Jasa Kesehatan, CV Andi Offset, Yogyakarta.
  • Siregar, C.J.P. (2004), Farmasi Rumah Sakit: Teori dan Terapan, EGC, Jakarta.
  • Thomas, R. K. 2015. Marketing health services. UK
  • Yamit, Z. (1999). Manajemen Persediaan, Cetakan Pertama, Penerbit Ekonesia Fakultas Ekonomi UII, Yogjakarta. 6. Bateman T S and Scott A. Snell, (2002), Management – Competing in the New Era, McGraw-Hill, Singapore
  • Zeithaml V.A, Bitner M.J. 1996. Service Marketing. The McGraw Hill Companies, Inc. Singapore.
  • Zeithaml V.A, Parasuraman A, Berry L.L. 1990. Delivering Quality Service. The Free Press. New York.