Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
1)prinsip-prinsip pembelajaran IPA terpadu, 2) Karakteristik pembelajaran IPA terpadu, 3) tujuan dan SKL IPA SMP, 4) pendekatan dan metode pembelajaran IPA, 5) model pembelajaran IPA terpadu (K-2013), 6) jenis keterpaduan materi (integrated, connected, shared, webbed), 7) analisis konsep berdasarkan Kompetensi Dasar (KD) IPA SMP, 8) peta, 9) konsep esensial berdasarkan KD IPA SMP, 10) pengembangan indikator pembelajaran IPKD, 11) identifikasi permasalahan pembelajaran IPA
Capaian Pembelajaran
  • 8.1. Menguasai pengetahuan tentang konsep-konsep dasar IPA sekolah (Fisika, Kimia, Biologi dan IPBA) dan cara pengintegrasiannya sebagai landasan untuk mengembangkan dan membelajarkan IPA terpadu.
  • 8.2. Mempraktekkan simulasi pembelajaran/mikroteaching yang inovatif dengan memanfaatkan kearifan lokal dan IT.
Daftar Pustaka:
  • Byers, A. 2008. Biology: Life on Earth with Physiology (8thedition). New Jersey: Pearson.
  • Hewitt, P.G., Lyons, S.A., Suchocki, J.A.&Yeh, J.2013.Conceptual Integrated Science, 2/E. New York: Addison-Wesley.
  • Lynda Pennell, L. (Editor). 2007. Life Science. New Hampshire: CPO Science
  • Tillery, B., Enger, E. &Ross, F. 2010. Integrated Science. New York: McGraw-Hill Science/Engineering/Math.
  • Tim IPA Terpadu. 2010. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Secara Terpadu. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama
  • Trefil, J.& Hazen, R. 2009. The Sciences: An Integrated Approach. New York: Wiley.
  • Victor, E., Richard D., Kellough, R. D. &Tai, R. H. 2008. Science K-8: An Integrated Approach, 11/E. NewYork: Pearson