Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C22-C22
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai teknologi dalam bidang manajemen pendidikan; (2) Sikap, berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggungjawab pada negara dan bangsa; dan (3) Keterampilan, mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mengelola bidang garapan pendidikan (kurikulum dan pembelajaran, kesiswaan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan pendidikan, hubungan masyarakat dan layanan khusus). Matakuliah ini berisi latar-belakang, konsep, tujuan, dan prinsip-prinsip Sistem Informasi Manajemen (SIM), konsep general system theory yang melandasi SIM, unsur­unsur SIM dan aplikasinya di bidang pendidikan, jenis-jenis dan kelayakan sistem dalam manajemen pendidikan, konsep dasar dan komponen-komponen sistem informasi, kaitan informasi-dengan sistem informasi, informasi sintaktis, semantik, dan pragmatik dalam SIM, klasifikasi informasi dan tahapan penanganan data sehingga menjadi informasi, model-model penyajian informasi dalam manajemen pendidikan, pengorganisasian, pengolahan data untuk informasi untuk kepentingan manajerial dan pembuatan keputusan, sistem informasi komponen dan proses dalam SIM, proses otomasi dalam SIM, kontrol sistem informasi dalam manajemen pendidikan, sistem pengendalian dan pengamanan data baik tradisional maupun otomasi melalui komputer, masalah dan pemecahan dalam penerapan sistem informasi manajemen.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai latar-belakang, konsep, tujuan, komponen dan prinsip­-prinsip Sistem Informasi Manajemen (SIM), general system theory yang melandasi SIM, jenis-jenis dan kelayakan sistem dalam manajemen pendidikan.
  • Menganalisis unsur-unsur SIM dan aplikasinya di bidang pendidikan, membandingkan informasi sintaktis, semantik, dan pragmatik dalam SIM, mengklasifikasikan informasi menangani data sehingga menjadi informasi, membuat contoh model-model penyajian informasi dalam manajemen pendidikan.
  • Menyusun perencanaan, pengorganisasian, pengolahan data untuk informasi dalam kepentingan manajerial dan pembuatan keputusan, memadukan informasi dan proses dalam SIM, mempraktekkan proses otomasi dalam SIM, melakukan kontrol sistem informasi dalam manajemen pendidikan, menguasai sistem pengendalian dan pengamanan data baik tradisional maupun otomasi melalui komputer, mengidentifikasi masalah, dan pemecahannya dalam sistem informasi manajemen.
  • Menganalisis satu atau beberapa substansi manajemen pendidikan yang berhubungan dengan SIM di lembaga pendidikan/ lembaga kursus/ lembaga pelatihan
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Tyoso, J.S.P. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
  • Rochaety, E., Rahayuningsih, P. & Yanti, P.G. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Darmawan, D. & Fauzi, K.N. 2015. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Rosdakarya.
  • Amsyah, Z. 2003. Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  • Yakub, V. H. 2016. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
  • Zhang, X.J. 2013. The Evolution of Management Information Systems: A Literature Review. Journal of Integrated Design & Process Science. 17 (2): 59-88
  • Hua, H. & Herstein, J. 2003. Education Management Information System (EMIS): Integrated Data and Information Systems and Their Implications In Educational Management. Paper Presented at the Annual Conference of Comparative and International Education Society New Orleans, LA USA. Harvard University
  • O’Brien, J.A., George M. & Marakas. 2008. Management Information Systems. Tata Mc-Graw Hill