Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C3-C3
Deskripsi:
a. Landasan epistemologis dan paradigmatis penelitian pendidikan yang meliputi positivistis, interpretivis, teori kritis, dan post strukturalis; b. Desain penelitian dan analisis data kuantitatif: penelitian ex post facto dan experiment, dsb yang analisis datanya lebih berorientasi pada penggunaan aplikasi komputer seperti SPSS, SEM dan PLS c. Desain penelitian dan analisis data kualitatif: fenomenologis, etnografis, grounded theory, studi kasus, studi situs, dll. d. Desain dan analisis data penelitian tindakan. e. Desain dan analisis data penelitian kebijakan pendidikan. f. Desain penelitian pengembangan, a.l: four-D model, ADDIE, Bog & Gall, dan sebagainya, yang kesemuanya berbasis produk seperti buku ajar, modul, model pembelajaran maupun media pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
  • -
  • Memahami hakikat penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran.
  • Memahami hakikat penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran
  • Mampu memahami desain dan analisis data penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran
  • Mampu menyusun desain dan melakukan analisis data penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran.
Daftar Pustaka:
  • Cohen, dkk. 2007. Research Method in Education. Routledge. New York
  • Bloomberg & Volpe, 2008. Completing Your Qualitative Disertation: A Roadmap From Beginning to End. London: SAGE Publication.
  • Creswell & Clark, 2007. Designing and Conducting Mixed Methods Research. London: SAGE Publication.
  • Morrel & Carrol, 2010. Conducting Educational Research. Rotterdam: Sense Publishers.
  • Education: Examples of Methodology and Methods. Springer Dordrecht Heidelberg New York London.
  • Jurnal nasional/internasional bereputasi terkini dan relevan.
  • Akker, J., Branch, R. M., Gustafon, K., Nieveen, N & Plomp, T. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Kluwer Academic Publisher
  • Akker, J., Gravemeijer, K., McKenney, S. & Nievenn, N. (2006). Educational Desain Research. New York: Routledge
  • Branch, R.B. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer
  • Borg, W.R & Gall, M.D. (1983). Educational Research 4th edition. New York & London: Longman
  • Budiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press
  • Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press
  • Creswell, J. (2015). Educational Research. Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Education
  • Dick, W., Carey, L., Carey, J.O. (2009). The Systematic Design of Instruction. Columbus: Pearson
  • Ghozali, I & Fuad. (2014). Structural Equation Modeling: Teori, Konsep dan aplikasi dengan program Lisrel 9.10 (Edisi ke-4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  • Sukidin, Basrowi dan Suranto. (2002). Manajemen Penelitian Pendidikan Kelas. Insan Cendekia
  • Morrison, G. R., Ross, S. M., & Kemp, J. E. (2007). Designing Effective Instruction (5th edition).