Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
MM-MM
Deskripsi:
Mata kuliah ini mempelajari konsep sekaligus praktik menggunakan role playing untuk memahami konsep dasar, definisi, temuan empiris berikut contoh serta implementasi kelompok dan dinamikanya dalam organisasi. Berbagai isu terkait dengan proses dinamika kelompok seperti pembentukan kelompok, kohesi kelompok, pengembangan kelompok, kekuasaan dan kepemimpinan, pembuatan keputusan dalam kelompok, konflik dan konseling dalam kelompok, serta pertumbuhan dan perubahan kelompok juga dipelajari.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mendapatkan pengetahuan mendalam dan memahami konsep dasar, definisi, temuan empiris berikut contoh dan implementasi kelompok dan dinamikanya dalam pengelolaan organisasi dan pencapaian tujuan.
  • 2. Mendapatkan pembelajaran dan pemahaman tentang manusia sebagai makhluk sosial, apa yang mereka pikirkan, rasakan dan lakukan melalui interaksi dalam kelompok untuk memenuhi kebutuhan hidupnya melalui sosialisasi dan adaptasi.
  • 3. Mendapatkan pembelajaran dan pemahaman tentang proses dinamika kelompok agar mahasiswa siap menghadapi dan secara efektif menangani isu terkait dengan pembentukan kelompok, kohesi kelompok, pengembangan kelompok, serta struktur dalam kelompok.
  • 4. Mendapatkan pembelajaran dan pemahaman tentang isu-isu yang terkait dan mempengaruhi produktivitas kelompok, peran kepemimpinan, pengambilan keputusan, penyelesaian konflik dan konseling agar kelompok dan individu dalam kelompok mampu bekerja dan berkembang optimal.
  • 5. Menghasilkan dan mengkomunikasikan ide dan pemikiran kritis dan kreatif terkait dengan kelompok dan dinamika di dalamnya secara etis, sopan, dan bertanggung jawab, serta mampu menerapkannya dalam kerjasama tim Ketika menyelesaikan mini kasus dan presentasi kelompok
Daftar Pustaka:
  • 1. Forsyth, D. R. (2019). Group Dynamics, Seventh Edition. Cengage Learning, Boston MA, United State of America
  • 2. Arifin, B. S. (2015) Dinamika Kelompok, Cetakan pertama. CV. Pustaka Setia, Bandung, Indonesia