Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
1) Sifat Koligatif Larutan; penurunan tekanan uap, penurunan titik beku, peningkatan titik didih, dan tekanan osmotik pada larutan elektrolit dan nonelektrolit 2) Termodinamika; Hukum termodinamika dan aplikasinya dalam sistem kehidupan 3) Kesetimbangan kimia; jenis-jenis reaksi kesetimbangan, tetapan kesetimbangan, dan pergeseran kesetimbangan 4) Kinetika kimia; laju reaksi, persamaan laju reaksi, orde reaksi, teori tumbukan 5) Termokimia; Sistem dan lingkungan, kalor reaksi, Hukum Hess 6) Elektrokimia; Sel galvani dan sel elektrolisis
Capaian Pembelajaran
  • 6.1 Memiliki pengetahuan tentang konsep sifat koligatif larutan, kesetimbangan kimia, kinetika kimia, termokimia, elektrokimia, dan termodinamika sebagai dasar dalam membelajarkan IPA yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi IT.
  • 6.2 Terampil dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep sifat koligatif larutan, kesetimbangan kimia, kinetika kimia, termokimia, elektrokimia, dan termodinamika secara kritis, kreatif dan inovatif menggunakan potensi lokal dan IT.
  • 6.3 Terampil dalam mengolah dan menyajikan percobaan yang berkaitan dengan konsep sifat koligatif larutan, kesetimbangan kimia, kinetika kimia, termokimia, elektrokimia, dan termodinamika sebagai penunjang dalam mengembangkan IPA terpadu.
Daftar Pustaka:
  • Penuntun Praktikum Kimia Fisika untuk Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang.
  • Jespersen, N.D., Brady, J.E. & Hyslop, A. 2011. Chemistry the Molecular Nature of Matter. (6th Edition). New York: John Wiley and Sons, Inc.
  • Atkins, P.W. & de Paula, J. 2011. Physical Chemistry for Life Sciences. (2nd Edition). New York: W.H. Freeman Company.
  • Baird, C. 2006. Chemistry in Your Life. (2nd edition). New York: W. H. Freeman Company.