Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:

Matakuliah ini mengkaji tentang pengertian evaluasi/ penilaian, penilaian dan pengukuran, fungsi evaluasi, taksonomi dalam evaluasi, acuan norma dan acuan patokan, teknik-teknik penilain, praktek penyusunan alat evaluasi/penilaian, analisis instrumen evaluasi hasil belajar.


Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dasar didaktik dan pedagogik untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran sejarah.
  • Mampu mengembangkan evaluasi yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter secara kritis, kreatif, inovatif dan kontekstual.
  • Mampu mengembangkan instrumen evaluasi berdasarkan kurikulum yang berlaku untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila yang valid dan reliabel.
  • Mampu menafsirkan dan membuat laporan hasil evaluasi pembelajaran.
Daftar Pustaka:
  • Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak
  • Arikunto. S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  • Daliman. 2006. Teknik Penyusunan dan Pembakuan Tes hasil Belajar Ilmu Sosial. Yogyakarta. FISE-UNY.
  • Gronlund, N. E. 1976. Measurement and Evaluation in Teaching. Macmillan Publishing Co. New York
  • Legawa, I.W & Ari P. 2003. Analisis Instrumen Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar Sejarah. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan dasar Dan Menengah. PPPG IPS-PMP Malang.
  • BSNP. 2007. Panduan Penilaian Pembelajaran Kelompok Ilmu Sosial dan Teknologi.
  • Oemar Hamelik. 2001. Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju
  • Suharsini, A.2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
  • Zainal, A. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Prinsip, teknik dan prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.