Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
PR-SD
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang masalah-masalah dalam belajar matematika bagi siswa SD dan masalah-masalah dalam membelajarkan matematika pada siswa SD. Selain itu, matakuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan alternatif pemecahan masalah guna menyelesaikan permasalahan pembelajaran matematika SD sesuai perkembangan terkini pada pembelajaran matematika SD
Capaian Pembelajaran
  • Mampu merancang solusi terkait problematika pembelajaran matematika SD berdasarkan hasil kajian perkembangan pembelajaran matematika SD
  • Mampu menyajikan hasil kajian permasalahan pembelajaran matematika SD
  • Mampu menganalisis problematika pembelajaran matematika SD yang bersumber dari pembelajaran daring, pembelajaran luring, atau hasil penelitian terdahulu, terkait berbagai bidang kajian
Daftar Pustaka:
  • 1. Ashlock, Robert B. 2010. Error Patterns in Computation: Using Error Patterns to Help Each Student Learn. (10th Edition). Pearson:USA
  • 2. Bennett, AB & Nelson, AT. 2014. Mathematics for Elementary Teachers, A Conceptual Approach. (Tenth Edition). Mc Graw Hill: New York
  • 3. Bennett, AB & Nelson, AT. 2014. Mathematics for Elementary Teachers, An Activity. (Tenth Edition). Mc Graw Hill: New York
  • 4. Musser GL, et al. 2006. Mathematics for Elementary Teachers, A contemporary Approach. (Seventh Edition). Wiley: USA
  • 5. Polya, G. 2015. How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press
  • 6. The Florida Department of Education (FDOE). 2015. Guiding Tolls for Instructional Problem Solving Revised 2015 (GTIPS-R). Florida: FDOE
  • 7. Jurnal terkait Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar
  • 8. Skripsi, Tesis, dan Disertasi terkait Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar