Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C21-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Inovasi Media Pembelajaran merupakan pembelajaran yang menerapkan IPTEKS dalam Lingkungan Belajar untuk memfasilitasi bagaimana merancang kegiatan belajar dan pembelajaran konteks keilmuan media dengan cara mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola Inovasi Media Pembelajaran dengan efektif. Inovasi Media Pembelajaran secara umum meliputi kegiatan pengembangan media, pemanfaatan media, Pengelolaan media, Assessing/ Evaluasi terhadap media, hingga mengimplementasikan Inovasi Media Pembelajaran dalam kondisi pebelajar yang memiliki kebaragaman dengan mempertimbangkan kode etik Teknologi Pendidikan secara faktual, konseptual dan prosedural.
Capaian Pembelajaran
  • • Mahasiswa mampu melakukan proses keputusan secara mandiri dalam konteks Inovasi Media Pembelajaran berdasarkan berdasarkan prinsip, teori, dan praktik efektif dalam mengembangkan, menggunakan, mengelola dan melakukan evaluasi Inovasi Media Pembelajaran.
  • • Mahasiswa memiliki sikap dalam menghargai keilmuan Inovasi Media Pembelajaran, kepekaan terhadap kebutuhan pebelajar sebagai pengguna hasil pengembangan media, serta menggunakan etika akademik dalam mengevaluasi Inovasi Media Pembelajaran sebagai salah satu bagian lingkungan belajar secara responsif dan adaptif
  • • Mahasiswa menunjukkan kemampuan logis, kritis dan inovatif dalam melakukan pengembangan, penggunaan dan pengelolaan Inovasi Media Pembelajaran baik secara individu maupun kelompok. Mahasiswa secara khusus memiliki kemampuan pengembangan pada konteks Inovasi Media Pembelajaran, mengimplementasikan Inovasi Media Pembelajaran dengan berbagai macam strategi dan praktik pembelajaran dalam lingkungan belajar pada komunitas pembelajaran yang beragam, serta mengevaluasinya berdasarkan mekanisme pembelajaran dan kinerja berdasarkan etika prinsip keselarasan keberagaman pebelajar dan menjunjung hak cipta
Daftar Pustaka:
  • Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer.