Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A1C-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini dirancang untuk memahami konsep dasar dan tujuan BK pribadi-sosial; hubungan antara BK pribadi-sosial dan BK pendidikan, BK pribadi-sosial dan BK Karier; prosedur menganalisis kebutuhan BK pribadi-sosial; prosedur mengembangkan program BK pribadi-sosial; prosedur merancang Rencana Pelaksanaan BK pribadi-sosial; teknik-teknik BK pribadi-sosial:Biblio-edukasi , Sinema-edukasi, Dialog Socrates, Value Clarification, Problem-Solving, Structured-Learning Approach, Sosiodrama Segitiga Karpman, dan Experiential Learning
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar dan tujuan BK pribadi-sosial
  • Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara BK pribadi-sosial dan BK belajar, BK pribadi-sosial dan BK Karier
  • Mahasiswa dapat menjelaskan prosedur menganalisis kebutuhan BK pribadi-sosial; pengembangan program BK pribadi-sosial
  • Mahasiswa dapat menjelaskan prosedur merancang rencana pelaksanaan BK pribadi-sosial
  • Mahasiswa dapat menjelaskan teknik-teknik BK pribadi-sosial
Daftar Pustaka:
  • Karpman, S.B. 2014. A Game Free Life. Drama Triangle Publications.
  • Kolb, D. A. 1984. Experiential learning: Experience as the source of learning and development (Vol. 1). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
  • Paul, R., Elder, L. 2006. The Art of Socratic Questioning. Foundation for Critical Thinking.
  • Raths, L.E., Harmin, M., & Simon, S.B. 1978. Values and Teaching (2nd ed.),. Columbus, OH: Charles E. Merrill
  • Simon, S.B., Howe, L.W., & Kirschenbaum, H. 1972. Values Clarification: A Handbook of Practical Strategies for Teachers and Students. New York: Hart Publishing