Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Pembelajaran Konsep dan ruang lingkup ragam hias Nusantara meliputi : a) teori tentang ragam hias tradisional Nusantara, b) mengidenfikasikan dan mengkaji dan konsep dan perkembangan ragam hias tradisional Nusantara.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai corak, nilai, dan filososofi ragam hias tradisional Nusantara.
  • Mengidentifikasikan dan mengkaji konsep dan perkembangan ragam hias tradisional Nusantara.
  • Terampil merancang ragam hias tradisional Nusantara untuk berbagai bentuk kerajinan.
  • Membentuk sikap menghargai keragaman karya ragam hias tradisional Nusantara.
Daftar Pustaka:
  • Soegeng Toekio. M 2000. Mengenal Ragam Hias Indonesia.Penerbit: Angkasa.
  • Djumadil A A. Dkk 1976. Ragam-Ragam Hias Bagian 1 A dan 1 B: Karya Nusantara.
  • Atik Soepandi, 1988. Ragam Cipta. CV Baring Sakti : Mengenal Pertunjukan Daerah Jawa Barat
  • Ward, James. (2020). Historic Ornament: Treatise on Decorative Art and Architectural Ornament (Complete Edition). (n.p.): e-artnow.
  • Jones, O. (2016). The Grammar of Ornament: A Visual Reference of Form and Colour in Architecture and the Decorative Arts - The Complete and Unabridged Full-color Edition. United Kingdom: Princeton University Press.
  • Audsley, W. a. G., Audsley, G. A. (1968). Designs and Patterns from Historic Ornament. United Kingdom: Dover Publications.
  • Pameran Keliling: Seni Tenun Nusantara di Museum Negeri Jawa Barat Bandung. (1981). (n.p.): Direktorat Jenderal Kebudayaan.
  • Kamari, Cut. Pendidikan Seni SENI RUPA. (n.d.). (n.p.): Grasindo.
  • Smend, R., Harper, D. (2011). Batik, Traditional Textiles of Indonesia: From The Rudolf Smend & Donald Harper Collections. Japan: Tuttle Publishing.