Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Matakuliah kewirausahaan dalam pendidikan sejarah adalah matakuliah yang memberikan bekal bagi mahasiswa agar dapat mengetahui hakikat entrepreneurship pendidikan sejarah yang mencakup konsep dasar, karakteristik, serta tujuan pembelajaran entrepreneurship. Menginternalisasi nilai dan sikap yang terkandung dalam entrepreneurship, seperti etos bekerja, motif berprestasi, kemandirian, kreativitas, keterampilan pengambilan keputusan, dan sebagainya, untuk mengembangkan employability skills dalam diri mahasiswa sebagai prasyarat dasar terbentuknya jiwa dan etos entrepreneurship (project learning) dengan membuat produk bahan ajar berwawasan sejarah lokal secara kritis, kreatif, inovatif dan kontekstual untuk mengembangkan semangat dan bentuk-bentuk usaha kewirausahaan berdasarkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang pendidikan sejarah dengan berbagai macam bentuk seperti maket, pop up, berbagai media pembelajaran dan dapat mendiseminasikan karakteristik dan etos entrepreneurship secara meluas melalui jalur pendidikan formal, informal, maupun nonformal dalam bidang pendidikan sejarah.
Capaian Pembelajaran
  • Memiliki pemahaman dan kesadaran tentang hakikat entrepreneurship pendidikan sejarah yang mencakup konsep dasar, karakteristik, serta tujuan pembelajaran entrepreneurship.
  • Mampu menginternalisasi nilai dan sikap yang terkandung dalam entrepreneurship, seperti etos bekerja, motif berprestasi, kemandirian, kreativitas, keterampilan pengambilan keputusan, dan sebagainya.
  • Mengembangkan employability skills dalam diri mahasiswa sebagai prasyarat dasar terbentuknya jiwa dan etos entrepreneurship (project learning).
  • Mampu membuat produk bahan ajar berwawasan sejarah lokal secara kritis, kreatif, inovatif dan kontekstual untuk mengembangkan semangat dan bentuk-bentuk usaha kewirausahaan berdasarkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang pendidikan sejarah dengan berbagai macam bentuk seperti maket, pop up, berbagai media pembelajaran.
  • Dapat mendiseminasikan karakteristik dan etos entrepreneurship secara meluas melalui jalur pendidikan formal, informal, maupun nonformal.
Daftar Pustaka:
  • Gymnastiar,A. 2006. Melipatgandakan Kekayaan dengan Kecerdasan Spiritual. Bandung: Solusi Qalbu
  • Abdullah. 2010. Rahasia Sukses Menjadi Wirausahawan Grenville,
  • Alma, Buchari. 2000. Kewirausahaan. Bandung: CV Alfabeta
  • Buchari Alma. 2006. Kewirausahaan. Edisi kesepuluh. Bandung: Alfabeta
  • Covey, S. 2008. The 8th Habit; Menggapai Keagungan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
  • Daryanto. 2002. Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta: Gaya Media
  • David C. McClelland. 1961. The Achieving Society. New York: D. Van Nostrand Company, Inc.
  • Depdiknas. 2002. Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill Education). Jakarta: Depdiknas
  • Depnaker RI. 1999. Situasi Kerja dan Kesempatan Kerja di Indonesia. Jakarta
  • Drucker, Peter. 1996. Inovasi dan Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga Gymnastiar,
  • Geoffrey G. Meredith dkk. 1996. Kewirausahaan, Teori dan Praktek. Edisi kelima. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.
  • Hall, D. 2004. Metode Canggih Melejitkan Kreativitas Bisnis. Bandung: Kaifa-Mizan
  • Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. 2008, Entrepreneurship, Singapore: McGraw-Hill International
  • Justin G. Longenecker dkk. 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: PT. Salemba Emban Patria.
  • Kleiser. 1986. Membina Kepribadian Wiraswasta. Bandung: Pioner Jaya Instruksi
  • Munandar, Aris. 2006. Pengembangan Kewirausahaan Sekolah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Depdiknas
  • Presiden RI No.4. 1995. Tentang Gerakan Nasional Memasyarakatan Kewirausahaan. Jakarta
  • Rusman Hakim. 1998. Kiat Sukses Berwiraswasta. Edisi Kedua. Jakarta: PT Elex Media Media Komputindo.