Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
ED-A23
Deskripsi:
Upaya pembangunan yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memerlukan kejelian untuk dapat memasukkan dunia digital bagi setiap agen ekonomi. Kita bisa mengisi gap yang belum banyak dieksplor ini. Kita bisa membantu agen-agen ekonomi untuk dapat menemukan peluang-peluang baru serta memanfaatkan dunia digital dan pada akhirnya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Upaya lebih kongkrit adalah mencari tahu sejauh mana dunia digital bisa mengisi gap kebutuhan untuk meningkatkan standar hidup. Perlu juga upaya untuk menginvestigasi dalam aspek apa saja dunia digital paling banyak berkontribusi. Terakhir, perlu upaya mencari tahu siapa saja yang paling mendapat manfaat dari implementasi digital ini, dibagi profil demografi dan sosio-ekonomi serta peran mereka, atau juga berdasarkan kelas di masyarakat dan distribusi secara spasial. Mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk dapat mempersiapkan penelitian yang dapat mengisi gap tersebut melalui peningkatan pemahaman terhadap perkembangan dan kontribusi dunia digital.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami potensi keuntungan dunia digital seperti penurunan biaya pencarian dan penyebarluasan informasi dan dampaknya bagi masyarakat saat melakukan transaksi ekonomi.
  • Memahami perkembangan platform digital yang memfasilitasi pertemuan pembeli dan penjual.
  • Memahami risiko pengumpulan data dalam dunia digital dan personalized pricing.
  • Memahami risiko pembajakan dan pelanggaran hak cipta karena pengurangan biaya untuk meniru produk competitor.
Daftar Pustaka:
  • Ari Mulianta Ginting, Edmira Rivani, Juli Panglima Saragih – 2018, Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia , google play. I Gede Wyana Lokantara, 2019, Membangun Ruang Kreatif Di Era Digital Memberdayakan Ide, Kreatifitas dan Potensi, Deepublish Publisher: Yogyakarta Nicholas Phillips, 2018, Get Started Making Money Online - 11 Books In 1: Learn The, Google Playstore Lucy Tobin, Entrepreneur: How to Start an Online Business, Capstone: United Kingdom