Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Konsep dasar evaluasi; pengertian pengukuran dan penilaian, serta evaluasi; tujuan dan prinsip-prinsip penilaian, karakteristik penilaian PPKn, langkah-langkah penilaian hasil belajar; ketuntasan belajar; penilaian berkelanjutan, sistem penilaian kelas; teknik asesment otentik dan ciri-ciri asesmen otentik, instrumen penilaian dalam bentuk test dan nontest; penilaian sikap; penilaian diri, penilaian unjuk kerja, penilaian projek; penilaian produk, penilaian portofolio; tabel spesifikasi soal, pelaporan hasil belajar dan penentuan ketuntasan belajar.
Capaian Pembelajaran
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Konsep dasar evaluasi; pengertian pengukuran dan penilaian, serta evaluasi; tujuan dan prinsip-prinsip penilaian, karakteristik penilaian PPKn, langkah-langkah penilaian hasil belajar; ketuntasan belajar; penilaian berkelanjutan, sistem penilaian kelas; teknik asesment otentik dan ciri-ciri asesmen otentik, instrumen penilaian dalam bentuk test dan nontest; penilaian sikap; penilaian diri, penilaian unjuk kerja, penilaian projek; penilaian produk, penilaian portofolio; tabel spesifikasi soal, pelaporan hasil belajar dan penentuan ketuntasan belajar.
Capaian Pembelajaran
- Menjelaskan konsep dasar evaluasi hasil belajar.
- Menjelaskan pengertian pengukuran, penilaian, dan evaluasi.
- Menjelaskan tujuan dan prinsip penilaian.
- Menjelaskan karakteristik penilaian PPKn dalam kurikulum yang sedang berlaku.
- Menjelaskan prinsip dan langkah-langkah penilaian.
- Menjelaskan ketuntasan belajar.
- Menjelaskan penilaian berkelanjutan.
- Menjelaskan sistem penilaian kelas dalam pada mata pelajaran PPKn.
- Menjelaskan teknik asesmen otentik, tujuan, manfaat dan penggunaan asesmen otentik, teknik dan ciri-ciri asesmen otentik
- Menyusun instrumen penilaian dalam bentuk test dan non test, penilaian sikap, penilaian diri, penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan portofolio
- Merumuskan Tabel Spesifikasi Soal, Pelaporan Hasil Penilaian Kelas, dan pencapaian Ketuntasan Belajar.
- Bersikap kreatif dan inovatif dalam mengimplementasikan evaluasi pembelajaran PPKn.
- Menjelaskan konsep dasar evaluasi hasil belajar.
- Menjelaskan pengertian pengukuran, penilaian, dan evaluasi.
- Menjelaskan tujuan dan prinsip penilaian.
- Menjelaskan karakteristik penilaian PPKn dalam kurikulum yang sedang berlaku.
- Menjelaskan prinsip dan langkah-langkah penilaian.
- Menjelaskan ketuntasan belajar.
- Menjelaskan penilaian berkelanjutan.
- Menjelaskan sistem penilaian kelas dalam pada mata pelajaran PPKn.
- Menjelaskan teknik asesmen otentik, tujuan, manfaat dan penggunaan asesmen otentik, teknik dan ciri-ciri asesmen otentik
- Menyusun instrumen penilaian dalam bentuk test dan non test, penilaian sikap, penilaian diri, penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan portofolio
- Merumuskan Tabel Spesifikasi Soal, Pelaporan Hasil Penilaian Kelas, dan pencapaian Ketuntasan Belajar.
- Bersikap kreatif dan inovatif dalam mengimplementasikan evaluasi pembelajaran PPKn.
- Depdiknas, 2004, Silabus dan Sistem Penilaian Mata Pelajaran PKn.Jakarta: Depdiknas.
- Coribima, Duran, 2008, Assesment Outhentic, Malang: UM Press
- Haris, Abdul, 2008, Evaluasi Pembelajaran Bidang Studi, Jakarta: Multi Presindo
- Peratuaran Pemerintah No 19 tahun 2005
- Permendiknas No 22 tahun 2006: Standar Isi
- Teacher: Nur Wahyu Rochmadi Dr. , M.Pd, M.Si