Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C23-PLB
Deskripsi:
Materi dalam perkuliahan ini meliputi konsep Autistic Spectrum Disorder dan kaitannya dalam interaksi sosial (Pervasive Developmental Disorders), karakteristik anak autistic, paradigma perkembangan pendidikan anak autistik, model pendekatan pembelajaran terhadap anak autistic, dan isu dalam pengembangan implementasi pendidikan anak autistic.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh dan komprehensif mengenai konsep Autistic Spectrum Disorder dalan kaitannya dengan hendaya interaksi sosial
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan dan kemampuan berrpikir kritis dan logis terhadap paradigma pendidikan dan pembelajaran anak autistik
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh tehadap model-model pendekatan pembelajaran anak Autistisme
  • Mahasiswa memiliki kemampuan merancang dan melaksanakan program pengembangan kemampuan anak Autistik
  • Mahasiswa memiliki pemikiran terbuka, logis, etika dan tanggung jawab terhadap isu-isu perkembangan layanan pendidikan anak Autistik.
  • UTS
  • UAS
Daftar Pustaka:
  • 1. Volkmar, F. R., Lord, C., Bailey, A., Schultz, R. T., & Klin, A. (2004). Autism and pervasive developmental disorders. Journal of child psychology and psychiatry, 45(1), 135-170.
  • 2. Widiger, T. A., Frances, A. J., Pincus, H. A. E., & Ross, R. E. (1997). DSM-IV sourcebook, Vol. 3. American Psychiatric Publishing, Inc..
  • 3. Regier, D. A., Narrow, W. E., Kuhl, E. A., & Kupfer, D. J. (2009). The conceptual development of DSM-V. American Journal of Psychiatry, 166(6), 645-650.
  • 4. Love, J. R., Carr, J. E., & Le4. Ferguson, J. L., Leaf, J. A., Cihon, J. H., Milne, C. M., Leaf, J. B., McEachin, J., & Leaf, R. (2020). Practical Functional Assessment: A Case Study Replication and Extension with a Child Diagnosed with Autism Spectrum Disorder. Education and Treatment of Children, 43(2), 171–185. https://doi.org/10.1007/s43494-020-00015-1
  • 5. Matson, J. L. (2007). Determining treatment outcome in early intervention programs for autism spectrum disorders: A critical analysis of measurement issues in learning based interventions. Research in Developmental Disabilities, 28(2), 207–218. doi:10.1016/j.ridd.2005.07.006
  • 6. Gould, E., Dixon, D. R., Najdowski, A. C., Smith, M. N., & Tarbox, J. (2011). A review of assessments for determining the content of early intensive behavioral intervention programs for autism spectrum disorders. Research in Autism Spectrum Disorders, 5(3), 990–1002. doi:10.1016/j.rasd.2011.01.012
  • 7. Hurl, K., Wightman, J., Haynes, S. N., & Virues-Ortega, J. (2016). Does a pre-intervention functional assessment increase intervention effectiveness? A meta-analysis of within-subject interrupted time-series studies. Clinical Psychology Review, 47, 71–84. doi:10.1016/j.cpr.2016.05.003