Tahun Akademik:
Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
B-B8
Deskripsi:

Mata kuliah ini memberikan wawasan tentang Konsep dasar asesmen dalam pendidikan ABK, Ruang lingkup asesmen ABK, Teknik dan prosedur penyusunan instrumen asesmen, dan Milestone perkembangan anak. Lebih lanjut mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk Menyusun kisi-kisi dan intrumen Asesmen Akademik dan Perkembangan, bekerjasama dengan tim ahli untuk Melaksanakan asesmen ABK, menganalisis hasil asesmen dan menyusun program pembelajaran berdasarkan hasil asesmen


Capaian Pembelajaran
  • Model Layanan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

  • Konsep pendidikan inklusif

  • identifikasi dan Assesment pendidikan (educational identification and assesment) di kelas/sekolah inklusif.

  • Kurikulum Pada Sekolah Penyelenggaran Pendidikan Inklusi

  • Sarana prasarana Pada Sekolah Penyelenggaran Pendidikan Inklusi

  • Manajemen pendidikan inklusif

  • Peran guru dan orangtua dan ahli terkait lainya dalam pendidikan inklusif

  • Kolaborasi dengan warga kelas, kolega, profesionals dan orang tua

  • Interaksi positif di dalam kelas/sekolah inklusif

  • UTS

  • UAS

Daftar Pustaka:
  • Foreman, P. (2005). Inclusion and action. Australia: Thomson

  • Loreman, T., Deppeler, J., & Harvey, D. (2005). Inclusive education: a practical guide to supporting diversity in the classroom, NSW: Allen & Unwin

  • Keefe, M., & Carrington, S. (2007). Schools and diversity (2nd). NSW: Pearson Education Australia