Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
B-B8
Deskripsi:
Mata kuliah ini memberikan wawasan tentang Konsep dasar asesmen dalam pendidikan ABK, Ruang lingkup asesmen ABK, Teknik dan prosedur penyusunan instrumen asesmen, dan Milestone perkembangan anak. Lebih lanjut mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk Menyusun kisi-kisi dan intrumen Asesmen Akademik dan Perkembangan, bekerjasama dengan tim ahli untuk Melaksanakan asesmen ABK, menganalisis hasil asesmen dan menyusun program pembelajaran berdasarkan hasil asesmen
Capaian Pembelajaran
Model Layanan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Konsep pendidikan inklusif
identifikasi dan Assesment pendidikan (educational identification and assesment) di kelas/sekolah inklusif.
Kurikulum Pada Sekolah Penyelenggaran Pendidikan Inklusi
Sarana prasarana Pada Sekolah Penyelenggaran Pendidikan Inklusi
Manajemen pendidikan inklusif
Peran guru dan orangtua dan ahli terkait lainya dalam pendidikan inklusif
Kolaborasi dengan warga kelas, kolega, profesionals dan orang tua
Interaksi positif di dalam kelas/sekolah inklusif
UTS
UAS
Foreman, P. (2005). Inclusion and action. Australia: Thomson
Loreman, T., Deppeler, J., & Harvey, D. (2005). Inclusive education: a practical guide to supporting diversity in the classroom, NSW: Allen & Unwin
Keefe, M., & Carrington, S. (2007). Schools and diversity (2nd). NSW: Pearson Education Australia
- Pengajar: Ahsan Romadlon Junaidi Dr., M.Pd