Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
B22-PLS
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa dapat memahami dan menguasai konsep-teori tentang pengelolaan program pendidi-kan nonformal dan informal secara utuh dan kontekstual, yang meliputi konsep, filosofi, sejarah dan prinsip pengelolaan, fungsi pengelolaan meliputi perencanaan, pengorgasisasian,pembinaan, penilaian, dan pengembangan, menejemen program, menejemen ketenagaan, alat dan sara-na,manajemen pembiayaan, model model menejemendaan total quality management pada penye-lenggaaraan pendidikan nonformal dan informal beserta problema yang mungkin terjadi pada mas-ing masing aspek program yang terkelola
  • Mahasiswa memiliki keterampilan untuk mengimplementasikan langkah-langkah pelaksanaan : prinsip, fungsi model pengelolaan dalam program-program pendidikan nonformal dan informal
  • Kontrak Belajar
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Boud, D. 2001. Developing Student Autonomy in Learning. New York: Nichols Publishing Co
  • DBE. 2007. Modul Pelatihan: Pengelolaan Lembaga Pendidikan Nonformal. Jakarta: USAID Indonesia
  • DBE. 2007. Menjalin Kemitraan. Jakarta: USAID Indonesia
  • DBE. 2007. Perangkat Pengelolaan: Untuk Pengelola Lembaga Pendidikan Nonformal. Jakarta: USAID Indonesia
  • Etzioni. 1998. The Basic Principles of Organization. New York: Jossey-Bass Inc, Publishers. San Francisco
  • Layton. 2001. Management Training. New York: AMA
  • Sudjana, S.H.D. 2000. Manajemen Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: falah Production