Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A4D-PLS
Deskripsi:
Matakuliah ini mengembangkan kompetensi mahasiswa terkait filsafat dan teori pendidikan. Kompetensi ini meliputi: Filsafat Umum, Pengantar Filsafat Pendidikan, Aliran-aliran Filsafat Pendidikan, menuju Filsafat Pendidikan Indonesia, Makna teori, teori Empirisme, teori Nativisme, Teori Konvergensi, teori Behaviorisme, teori Konstruktivisme, teori Humanisme, teori-teori pendidikan Indonesia.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa dapat menjelaskan konsep filsafat umum
  • Mahasiswa dapat menjelaskan konsep filsafat Pendidikan
  • Mahasiswa dapat menjelaskan aliran-aliran filsafat Pendidikan
  • Mahasiswa dapat menjelaskan teori-teori pendidikan
Daftar Pustaka:
  • Akinpelu, J.A. 1988. An Introduction to philosophy. London and basingstojke.
  • Ali, H. 2007. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Kota Kembang.
  • Jalaluddin dan Abdullah, Idi. 2002. Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
  • Slavin, R. E. 2006. Educational Psyhology: Theory and Practice.