Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A4A-PLS
Deskripsi:
Matakuliah ini bertujuan untuk meluluskan mahasiswa yang memiliki pemahaman, sikap positif dan kemampuan untuk melakukan pengkajian tentang konsep komunikasi dan inovasi pendidikan, berbagai jenis dan ciri komunikasi dan inovasi pendidikan, fungsi, model-model proses komunikasi dan inovasi, serta pemanfaatannya dalam PLS. Mahasiswa juga memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif dengan para penyelenggara dan pengembang program PLS. Materi yang dipelajari antara lain: Konsep komunikasi dan inovasi, berbagai jenis dan ciri komunikasi dan ino-vasi, fungsi, model-model proses komunikasi dan inovasi, serta pemanfaatannya dalam PLS.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menelaah bentuk komunikasi dan inovasi pendidikan
  • Mampu menganalisis tahapan komunikasi dan inovasi
  • Mampu menganalisis strategi komunikasi dan inovasi pendidikan
  • Mampu mengklasifikasikan media komunikasi dan inovasi
  • Mampu melakukan praktik komunikasi dan inovasi pendidikan
Daftar Pustaka:
  • Blake, Reed H & Haroldsen, O. 2003. Taksonomi Konsep Komunikasi. Surabaya: Papyrus
  • Cangara, Hafiled. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  • Griffin. 2006. The First Look at Communication Theory. New York: McGraw – Hill Co.
  • Heylin Angela. 2002. Kiat Sukses Komunikasi. Jakarta: Mitra Utama
  • Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Wiryanto. 2000. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo