Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
12A-PLS
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Kapabel menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  • Kapabel berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemjuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  • Kapabel bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  • Kapabel menginternalisasi semangat kemandirian, kejuanagn, dan kewirausahaan,
  • Kapabel menumbuhkembangkan karakter mandiri yang didukung oleh sikap kritis terhadap perkembangan ilmu, teknologi, dan informasi.
  • Kapabel dalam penguasaan konsep dasar rancangan program belajar pada pendidikan luar sekolah dan pemberdayaan masyarakat
  • Kapabel merencanakan program pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan pendidikan luar sekolah.
  • Kapabel mengorganisasikan sumberdaya pendidikan dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan pendidikan luar sekolah.
  • Kapabel menguasai konsep, pendekatan dan strategi monitoring dan evaluasi program pendidikan luar sekolah dan pemberdayaan masyarakat.
  • Kapabel melaksanakan penelitian dan pengembangan bidang pendidikan luar sekolah untuk memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.
Daftar Pustaka:
  • Kenny, Sue,Brian McGrath, Rhonda Phillips.2019. The Routledge Handbook of Community Development Perspectives From Around the Globe.New York: Routledge
  • Phillips, Rhonda, Eric Trevan, and Patsy Kraeger (eds). 2020. Research Handbook on Community Development, Massachusetts Edwar Edgar Publishing.
  • Robyn Eversole, 2014. Knowledge Partnering for Community Development, London: Routledge
  • UNESCO. 2011. Sustainability of Community Learning Centers: Community Ownership and Support. Bangkok: UNESCO.
  • Voyageur, Cora, Laura Brearley, BrianCalliou (eds.),Restorying Indigenous Leadership: Wise Practices in Community Development, Canada: Banff Centre Press 2014.
  • Wilson, Stacey-Ann ,2014. Identity, Culture, and Politics of Community Development. Bristol: Cambridge Scholars Publishing.