Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A23-A23
Deskripsi:
Matakuliah Diklattarsem (Pendidikan-Pelatihan-Penataran-Seminar) PAUD ditujukan mahasiswa mampu bekerjasama melaksanakan Project Based Learning dengan meneyelenggarakan Diklat atau Penataran atau Seminar tentang ke-PAUD-an yang bertaraf nasional. Mulai menyusun proposal, membentuk kepanitiaan, menyelenggarakan Diklat atau Penataran atau Seminar Nasional tentang isu-isu PAUD terkini yang hasilnya bermanfaat bagi akademisi, komunitas dan praktisi PAUD sampai pelaporan dan evaluasi.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep secara teoritis dan praktis tentang manajemen pelatihan yang ada pada program PAUD
  • Menganalisis masalah dan memberi solusi yang terkait dengan penentuan kebijakan dan pelatihan
  • Berkontribusi dalam upaya perbaikan dan peningkatan kinerja organisasi khususnya pada lembaga PAUD berdasarkan prinsip dasar bidang kajian ilmu pelatihan
  • Membuat keputusan-keputusan strategic berdasarkan pendekatan ilmiah dengan kajian teoritis dan empiris atau kontekstual dalam tiap tahapan manjemen pelatihan
  • Berkontribusi dalam pengembangan keilmuan melalui penelitian dengan pendekatan interdisipliner/multi disiplin menghasilkan karya ilmiah yang diakui secara nasional dan atau internasional
Daftar Pustaka:
  • Widodo, S.E. 2018. Manajemen Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  • Wentling, Tim .2001, Evaluation for Effective Training, A Guide for Training Evaluation, Rome: Food Agriculture Organization of the United Nations
  • Vincent, P.C., dkk. 2000. Panduan Pelatihan untuk Pengembangan Sekolah. Jakarta: Depdiknas RI
  • Rasyad, Ach.2009, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Pelatihan Pamong Belajar di BPPLSP Regional IV Surabaya, Disertasi, Malang, PPS
  • Arifin, Imron. 2018. Manajemen Pendidikan, Pelatihan, dan Pengajaran. Diktat Kuliah. Malang: FIP Universitas Negeri Malang